Banner sumsel

KPU Serahkan Hasil Verifikasi Faktual Parpol

LUBUKLINGGAU,koransumatera.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau menyampaikan rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019, di ruang rapat KPU, Kamis (8/2/2018).

Diungkapakan Ketua KPU Kota Lubuklinggau Efriadi Suhendri, sesuai peraturan PKPU No 6 tahun 2018. Tahapan sudah dijalankan terhadap 15 parpol. Ada 3 partai politik baru  ataupun 12 parpol peserta tahun 2014.

Ada 3 parpol yang sudah mendapatkan surat SK Kemunkumham pada saat pendaftaran. Sedangkan untuk 3 parpol ada keputusan dari Mahkamah Konsitusi (MK) yang memerintahkan wajib untuk melaksanakan proses verifikasi Parpol.

“Alhamdulilah dari 15 parpol tersebut sudah dilaksanakan verifikasi faktual dan hasilnya sudah disampaikan kepada seluruh parpol dan dinyatakan memenuhi syarat,”katanya.

Sedangkan, untuk tahapan atau jadwal sesuai keputusan KPU RI tentu dari hasil secara nasional akan diumumkan pada 17 Februari. Kalau dinyatakan memenuhi syarat belum tentu di nasional.

Tambahnya, ada beberpa parpol yang tidak mendaftarkan Parpolnya ke KPU . Tapi di daerah lain mereka didaftarkan. Sebagai gambaran, sebagai partai politik yang lolos tunggu pada  17 Februari, sedangkan KPU kota Lubuklinggau sudah ada 15 parpol yang sudah di verifikasi dan diserahkan keseluruh parpol.

“Ada 5 parpol yang belum hadir atau tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengambil hasil verifikasi faktual Parpol yaitu Partai PKS, PBB, Berkarya, Nasdem serta Hanura,” ujarnya.

Penyerahan hasil verifikasi faktual juga dihadiri  Ketua KPU Kota Lubuklinggau Efriadi Suhendri, Komisioner, Panwaslu serta seluruh partai politik,” pungkasnya.

Reporter: Shandi April

Editor: elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.