Banner sumsel

KPU OKU Lelang 12 Ton Kotak Suara

BATURAJA, koranindonesia.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berencana melelang 12,7 ton kotak suara berbahan almunium, karena tidak lagi terpakai. Sementara harga diperkirakan lebih kurang Rp12.000 per kilogram.

“Rencananya memang akan dilelang. Saat ini, masih dalam tahap pengajuan izin ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sumsel,” kata anggota KPU OKU Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Imaduddin saat dibincangi, Senin (15/10/2018).

Setelah dapat persetujuan atau izin dari KPU RI, barulah tahap selanjutnya pihak KPU OKU kata Imanuddin, akan mengajukan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Setelah itu proses lelang baru akan dilakukan.

“Hanya kotak suara saja yang akan dilelang. Jumlahnya ada sekitar 4.409 buah dengan berat sekitat 12.789 kilogram atau 12,7 ton. Untuk bilik suara tidak dilelang. Untuk waktu lelang kita belum memastikan, yang jelas lelang akan dilakukan secara online,” ujarnya.

Ditambahkan Imaduddin, selanjutnya sebagai pengganti kotak suara yang akan dilelang tersebut, pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 mendatang, akan menggunakan kotak suara berbahan kardus atau transparan. Rencananya, akan dikirim ke KPU OKU dalam waktu dekat.

“Kotak suara lama atau berbahan almunium ini tidak akan dipakai lagi. Nanti akan diganti dengan kotak suara transparan atau berbahan kardus. Menurut informasi kotak suara transparan atau berbahan kardus akan sampai ke OKU pada 20 Oktober 2018 mendatang,” ucap Imaduddin seraya menambahkan, untuk tempat penyimpanan kotak suara baru yang akan datang nanti sudah mereka siapkan.

Menurutnya, kotak suara baru tersebut akan dikirim dalam posisi masih terlipat. Jadi kotak tersebut akan dirangkai oleh pihak KPU OKU sendiri.

Jumlah kotak suara baru yang dibutuhkan KPU OKU untuk pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 nanti, cukup banyak, mencapai 6.215 kotak suara untuk 1.243 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan rincian lima kotak suara per TPS.

“Selain itu ditambah 144 buah kotak suara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan satu kotak suara untuk KPU OKU,” tandasnya.

(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.