Banner Pemprov 2020
Banner september

KPU Mulai Uji Coba Sirekap Libatkan Petugas Ad Hoc

Jakarta,Koranindonesia.id-Komisi pemilihan umum mulai menguji coba sistem rekapitulasi pemilihan umum (Sirekap) atau rekapitulasi elektronik dengan melibatkan langsung petugas ad hoc Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

“Kalau uji coba pertama kedua kan di Kantor KPU, pegawai KPU yang (memerankan) jadi KPPS, untuk uji coba ketiga ini kita langsung ke lapangan,” kata Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik di Jakarta, Jumat.

Menurut dia untuk uji coba lanjutan dari Sirekap itu melibatkan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan orang-orang yang berpotensi menjadi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Jadi yang terlibat adalah PPK PPS dan calon KPPS jadi di lapangan, kita uji coba melibatkan kabupaten dan Kota Bandung,” ucapnya.

Untuk jadwal uji coba, KPU merencanakan tahap tiga tersebut digelar pada 8-9 September atau Selasa-Rabu mendatang.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam uji coba menurut dia masih melingkupi soal sistem yang belum optimal yang terlihat pada uji coba tahap dua begitu juga untuk pemahaman penyelenggara pemungutan suara di tingkat bawah terhadap cara kerja Sirekap.

Aplikasi e-Rekap dipergunakan untuk membaca dan mengkonversi data rekapitulasi dari bentuk fisik yakni formulir C1 plano menjadi data elektronik.

Kemudian, untuk metode yang akan diterapkan pada kertas fisik rekapitulasi suara agar bisa dibaca dan dikonversi langsung oleh aplikasi, KPU memilih mengombinasikan model OCR dan OMR.

“Kalau KPU sih lebih kepada kombinasi keduanya, untuk memaksimalkan hasil (konversi ke data elektronik),” kata dia.

Model OCR atau optical character recognition merupakan sistem yang berfungsi untuk memindai dari gambar atau foto dari kertas rekapitulasi suara menjadi teks yang nantinya dikonversi dalam bentuk hitungan suara berbasis elektronik.

Sedangkan OMR atau optical mark reader merupakan sistem yang membaca tanda bulatan pensil pada kertas rekapitulasi suara dan kemudian dipindai ke dalam bentuk data elektronik. Penggunaan bulatan pensil ini mirip dengan yang digunakan untuk ujian siswa.(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.