KPU : Anggota KPPS Harus Miliki Stamina Kuat

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan suara pada Pemilu Serentak 2019 dipastikan berlangsung satu hari penuh, bahkan lebih. Karenanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang pun mengingatkan agar anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memiliki stamina kuat, dan jangan dipilih anggota KPPS yang sudah uzur alias terlalu tua.

Jangan sampai yang tuo nian, yang lah uzur jadi KPPS. Prinsipnya kalau bisa yang masih muda, yang masih kuat. Boleh-boleh bae tuo tapi yang masih kuat, mampu begadang,” kata Ketua KPU Palembang Eftiyani, Jumat (1/2/2019).

Diakui Eftiyani meski sampai sekarang belum ada aturan tetap mengenai batasan usia, tapi pihaknya selaku penyelenggara pemilu berharap anggota KPPS yang akan direkrut pada awal Maret 2019 mendatang, merupakan orang-orang yang memiliki stamina yang kuat. “Soal berapa batasan usianya kita belum bikin. Tapi syaratnya berijazah minimal SMA. Nah, syarat fisiknya terkadang Ketua RT kan ada yang sudah uzur. Makanya kita minta kesiapan fisik pada rekrutmen KPPS awal Maret nanti,” imbuh Eftiyani pula.

Dijelaskannya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau disingkat dengan KPPS dibentuk oleh PPS atas nama KPU Kota Palembang untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS. “Anggota KPPS sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota serta dibantu oleh 2 (dua) orang petugas ketertiban dan keamanan TPS. Berikut adalah tugas dan wewenang kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS),” papar Eftiyani.

Menurutnya, adapun alasan kenapa keaiapan fisik calon anggota KPPS cukup penting karena untuk mengantisipasi saat penghitungan suara yang melebihi batas waktu pukul 00.00 dini hari. “Tidak menutup kemungkinan penghitungan suara itu lewat tengah malam. Tahapan untuk perhitungan suara itu tanggal 17-18 April 2019. Jadi dimungkinkan lewat tengah malam. Asalkan jangan sampai melewati batas waktu tahapan tanggal 18 April 2019 sampai pukul 24.00,” terangnya.

(ded)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.