Banner sumsel

KPK Periksa Mantan Sekjen MK Janedjri M Gaffar Saksi Romahurmuziy

JAKARTA,koranindonesia.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (Sekjen MK) Janedjri M Gaffar sebagai saksi kasus jual beli jabatan di Kementerian agama (Kemenag) dengan tersangka Romahurmuziy (Rommy).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan Janedjri diperiksa sebagai saksi Rommy.

Dikatakannya Janedjri dipanggil dalam posisinya sebagai staf ahli Menteri Agama. Selain Janedjri, KPK juga memanggil seorang staf ahli Menag lainnya, Oman Faturrahman sebagai saksi yang sama.

“Surat panggilan sudah disampaikan secara patut. Kami ingatkan agar saksi-saksi datang dan bicara jujur saat pemeriksaan,” jelasnya.

Dalam kasus ini, Rommy yang merupakan anggota Komisi XI DPR sekaligus eks Ketum PPP ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima duit suap dari Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin. Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka pemberi suap.

“Keduanya diduga memberi suap senilai total Rp 300 juta kepada Rommy. Suap itu, disebut KPK, diberikan agar Rommy membantu proses seleksi jabatan keduanya,” terangnya.

Saat ini KPK tengah berfokus mendalami soal prosedur pengisian jabatan di Kemenag. Alasannya, ada indikasi kejanggalan yang ditemukan KPK dalam proses pengisian jabatan itu.

“Rommy juga telah mengajukan praperadilan melawan KPK. Persidangan bakal digelar di PN Jaksel pada 22 April 2019,” tandasnya. (erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.