Banner Pemprov 17 Agustus

KPK Periksa Bupati Temanggung Terkait Kasus Suap Samin Tan

JAKARTA,koranindonesia.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Temanggung A Al Khadziq terkait kasus suap yang menjerat pengusaha Samin Tan. Al Khadziq juga merupakan suami dari terpidana kasus suap dan gratifikasi Eni Maulani Saragih.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan Al Khadziq diperiksa sebagai saksi. Dalam perkara ini, Samin ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga memberi suap senilai Rp 5 miliar kepada Eni Saragih. Suap itu, menurut KPK, diduga diberikan agar Eni membantu anak perusahaan Samin, yaitu PT AKT (Asmin Koalindo Tuhup), yang sedang bermasalah.

Permasalahan itu terkait perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dan Kementerian ESDM. Sebagai informasi, PKP2B PT AKT itu sebelumnya dihentikan oleh Kementerian ESDM.

“Penghentian itu dilakukan lewat Surat Keputusan Menteri ESDM karena PT AKT dianggap telah melakukan pelanggaran kontrak berat,” ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (10/04/2019).

Dijelaskannya PT AKT sempat menggugat surat keputusan itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. PT AKT menang hingga surat keputusan itu dibatalkan dan dicabut lewat putusan majelis hakim PTUN. Kementerian ESDM kemudian mengajukan permohonan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) dan menang hingga surat keputusan itu berlaku lagi.

“PT AKT kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) tapi kalah sehingga putusan PT TUN tetap berlaku dan Surat Keputusan Menteri ESDM tentang penghentian PKP2B itu tetap berlaku,” tandasnya. (erw)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.