Banner Pemprov Agustus

KPID dan POLDA Sumsel Gelar Literasi Media

Palembang,koranindonesia.id–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KPID Sumatera Selatan bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia Daerah Sumsel serta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Literasi Media yang bertema “Optimalisasi Peran Media di Era Digital Dalam Membangun Masyarakat yang cerdas”, Rabu (31/8/2022) yang bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Kegiatan Literasi Media ini dihadiri oleh Ketua KPID Sumatera Selatan Herfriady, Wakil Direktur Intelkam Polda Sumsel AKBP Dwi Mulyanto,S.I.K dan dihadiri Komisioner KPID Sumsel Khairil Anwar Simatupang, Hasandri Agustiawan, Meytri Puspa Rini, Novarizal dan Sisilia.

Herfriady dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kerjasama ini merupakan kegiatan perdana di awal periode kami yang baru dilantik Juli kemarin.

Maka menyambut baik kerjasama ini, dimana sesuai tugas dan fungsi KPID adalah mengenai Pengawasan, sedangkan kewenangnya adalah Menyusun dan menetapkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) sesuai dari amanat UU No. 32 Tahun 2002.KPID Sumsel kedepan akan terus membangun dan menjalin kerjasama dengan POLDA Sumsel agar kelak bisa membuat kegiatan dalam skala yang lebih besar.

Sementara itu Wadir Intelkam POLDA yang mewakili Kapolda Sumsel mengatakan sambutannya juga menuturkan, dengan adanya kegiatan Literasi Media merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang pedoman penyiaran sesuai dengan undang-undang nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran.

Terlebih Kapolri telah mengeluarkan program Perioritas diantaranya tentang Pemantapan Kinerja Pemeliharana Harkamtibmas dan Pemantapan Komunikasi Publik, maka semua harus terlibat dalam mewujudkan hal tersebut khususnya dalam ruang lingkup Media.

Sehingga bisa mengedukan masyarakat agar tidak terhasut dengan konten-konten yang memprovokasi atau bahkan belum tentu kebenarannya tutupnya.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan Literasi Media sesuai dengan bidang keahlian masing-masing yakni Komisioner KPID Sumsel M.Yul Fajrin, Dwi Karolita, S.Sos, M.M selaku Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Sumsel, AKBP. Fitriyanti, S.H selaku Kasubdit V Siber Polda Sumsel dan Nurly Meilinda, M.I.Kom selaku Dosen ilkom Fisip Unsri.

Dwi Karolita mengawali narasumber pertama mengatakan bahwa pemerintah sudah sangat fokus sekali dengan persoalan internet, penyebaran informasi yang sangat luas ini terus dipantau, sementara itu narasumber kedua , AKBP. Fitriyanti, S.H memberikan materi terkait pemahaman potensi implikasi hukum yang akibat penggunaan media sosial yang seakan-akan tanpa batas.

Yul Fajri dalam hal ini mengatakan mengenai Jurnalistik Penyiaran dengan berpedoman pada P3SPS.

Diakhiri narasumber terakhir Nurly Meilinda menyampaikan mengenai Post Truth dan pengelolaan media online di era digital berserta tantangan-tantangan yang di hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta yang hadir dalam kegitan literasi media adalah perwakilan dari Lembaga Penyiaran Sumsel terdiri dari Lembaga Penyiaran Publik, Lembaga Penyiaran Swasta Televisi dan Radio. Kegiatan ini juga mengundang para pegiat dan admin media sosial di Kota Palembang.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.