Banner sumsel

Kotak Hitam Lion Air JT-610 Ditemukan

JAKARTA,koranindonesia.Id- Kotak hitam atau black box milik pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Senin, (29/10/2018) lalu dipastikan telah ditemukan.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Kolonel Mohamad Zaenal, kotak hitam langsung diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk identifikasi.

“Sudah confirmasi ditemukan oleh Satgas SAR TNI AL,” kata Zaenal, ketika dihubungi, Kamis (1/11/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, black box ditemukan oleh Serka Hendra yang merupakan penyelam dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Angkatan Laut.

Dalam keterangannya, Hendra menuturkan, kondisi bawah laut yang dipenuhi lumpur membuat tim penyelam kesulitan mengevakuasi. “Memang, ada lumpur, agak sulit dan serpihan pesawat di mana-mana,” ujarnya.

Selain lumpur, arus bawah laut juga begitu kencang. Tim penyelam menggunakan tali dari atas permukaan, agar tidak terbawa arus. Ia memastikan, kondisi black box dalam keadaan utuh. “Kondisinya utuh,” ujarnya.

Sementara Dansatgas SAR Lion Air, Kolonel Iswarto mengatakan, black box ditemukan pada kedalaman 30 meter. Semula signal kotak hitam tersebut, ditangkap oleh alat scan sonar milik kapal Baruna Jaya. Kemudian. penyelam TNI AL melakukan penyelaman di sekitar lokasi ditangkapnya signal tersebut.

“Jadi, tadi dideteksi oleh KN Baruna Jaya, setelah mendapat titik penyelam TNI AL langsung melakukan penyelaman di lokasi,” kata  Iswarto, Kamis (1/11/2018).

Iswarto mengatakan, black box yang ditemukan sebanyak satu buah. Meski begitu, satu black box ini sangat penting untuk melakukan investigasi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, Senin 29 Oktober 2018. “Satu black box ini sudah lengkap untuk melakukan proses investigasi,” ujarnya.

Iswarto belum menjelaskan, secara detail perangkat black box apa yang ditemukan. Sebab, black box terdiri dari dua komponen, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR). Keduanya dapat merekam dan bisa menggambarkan detik- detik sebelum pesawat jatuh ke dasar laut.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin pagi, 29 Oktober 2018. Pesawat ini terbang dari Bandara Soekarno Hatta lalu hilang kontak pada pukul 06.33 WIB.(Mar)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.