Banner sumsel

Korupsi Pembangunan Gerbang Batas Kota, 1 Pejabat-3 Kontraktor Diadili

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Diduga terlibat tindak pidana korupsi pembangunan gerbang batas Kota Palembang-Kabupaten Ogan Ilir seorang pejabat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palembang 2013 dan tiga kontraktor menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Palembang, Senin (12/8/2019).

Para terdakwa tersebut yakni Khairul Rizal (52) selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam pekerjaan proyek tahun anggaran 2013 tersebut dan Ichsan Pahlevi serta Ahmat Toha sebagai pelaksana proyek serta Asmol Hakim konsultan pengawas pengerjaan proyek.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hery Fadlullah disebutkan, atas perbuatan tersebut para terdakwa dijerat Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 ayat (1) dan Pasal 9 (1) Jo Pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 (Ke-1) KUHP.

Menurut jaksa tindak pidana korupsi itu berawal pada 2013 Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Dan Perumahan Kota Palembang melaksanakan kegiatan pekerjaan pembangunan gerbang batas Kota Palembang-Kabupaten Ogan Ilir di Jalan Gubenur H Ahmad Bastari- Jakabaring, Kecamatan SU I Palembang.

Namun setelah proyek selesai dan dilakukan pengecekan fisik, petugas menemukan volume item pekerjaan yang terpasang lebih kecil dari volume item pekerjaan yang ada pada addendum/CCO serta terdakwa Khairul Rizal selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tidak mempedomani Undang-undang.

Selain itu berdasarkan hasil perhitungan kerugian negara terdakwa kerugian sebesar Rp505.923.660,08 dari pagu anggaran sebesar Rp1,5 miliar.

Usai jaksa membacakan surat dakwaan, majelis hakim yang diketaui Kamaludin menunda persidangan dan kembali akan dilenajutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.