Banner Pemprov Agustus

Konsulat AS Kuatkan Kerjasama Bidang Pendidikan Serta Jajaki Peluang  Investasi  di Sumsel 

PALEMBANG,koranindonesia.id – Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya menerima Konsulat Amerika Serikat (AS)  Wilayah Sumatera Mr. Gordon S. Church bertempat  di Ruang Tamu Wakil Gubernur Sumsel Jumat (16/9).

Dalam pertemuan singkat tersebut keduanya membahas peluang kerjasama antara Provinsi Sumsel dan Amerika Serikat dalam beberapa sektor, antara lain pendidikan, sumber daya alam, sosial ekonomi, dan pariwisata.

Bahkan Wagub Mawardi Yahya  menawarkan peluang investasi yang saat ini menjadi prioritas yakni pembangunan yakni pelabuhan laut dalam Tanjung Carat.

“Pelabuhan laut dalam Tanjung Carat untuk saat ini masih menjadi peluang besar bagi negara luar terutama bagi investor asal Amerika. Karena ini sudah kita cita-ciatakan sejak lama untuk direalisasikan,” ungkapnya.

Mawardi mengakui, hubungan  antara Indonesia dan Amerika yang selama ini dijalin sangat baik.  Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan emas untuk Provinsi Sumsel dan AS kerjasama di sektor investasi, perekonomian dan pendidikan di Provinsi Sumsel.

“Untuk diketahui Sumsel ini masih banyak peluang usaha yang dapat dikerjasamakan. Baik bidang sumberdaya alam, sosial ekonomi, pendidikan maupun bidang budaya,” tuturnya.

Menanggapi kerjasama bidang pendidikan, Mawardi berharap kerjasama tersebut dapat terus berjalan dan ditingkatkan, terlebih dalam rangka mencetak generasi muda Sumsel yang unggul melalui program pertukaran palajar atau sejenisnya.

“Ada beberapa hal yang juga dapat dikerjasamakan dengan Amerika. Sumsel ada karet, sawit, minyak, gas dan yang baru saja diresemikan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, ini juga menjadi peluang bagi investor Amerika. Bidang lainnya yang juga  adalah dalam hal penyebaran kualitas pendidikan. pendidikan berkualitas harus diimbangi dengan kuantitas pendidikan,” pungkasnya

Sementara Konsulat Amerika Serikat wilayah Sumatera Mr. Gordon S. Church mengucapkan terimakasih atas silaturahmi dan kerjasama kemitraan yang telah terjalin selama ini antara Amerika Serikat dengan Pemerintah Provinsi Sumater Selatan.

“Saya ucapan terimaksih atas kemitraan dan kerja sama antara Indonesia khususnya Sumatera Selatan yang telah terjalin selama ini. Saya selaku konsul Amerika di Sumatera, siap untuk terus menjalin kerjasama dengan Sumsel diberbagai sektor,” tandasnya.

Untuk diketahui, Konsulat Amerika Serikat  juga sedang mendiskusikan program-program seperti beasiswa maupun pertukaran pelajar yang dapat bermanfaat untuk putera-puteri provinsi Sumsel. Terlebih saat ini, sebanyak 11 mahasiswa dan mahasiswi Provinsi Sumsel yang sedang traveling study selama 1 tahun di Amerika Serikat.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.