Banner pemprov juni

Komandan Korps Brimob Dijabat Jenderal Bintang 3

DEPOK, koranindonesia.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan perubahan struktur baru Korps Brimob Polri. Perubahan itu diantaranya menyangkut jabatan Komandan Korbrimob Polri yang semula berpangkat Irjen Pol menjadi Komjen Pol dan Wakil Komandan Korbrimob Polri yang semula berpangkat Brigjen Pol menjadi Irjen Pol.

Perubahan itu berdasarkan Perpres No. 54 Tahun 2022 tentang Perubahan kedua Atas Perpres No. 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia. Serta berdasarkan Keputusan Kapolri No: Kep/586/V/2022.

“Saya mengucapkan selamat atas peresmian penguatan struktur organisasi Korbrimob Polri. Semoga Korbrimob Polri dapat senantiasa menjadi kesatuan kebanggaan Polri yang terus memberikan darma bhakti terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” kata Sigit di laman Humas Polri, Sabtu (11/9/2022).

Sigit menjelaskan, dalam Keputusan Kapolri No: Kep/586/V/2022, penguatan struktur Korbrimob Polri yakni kepangkatan jabatan Komandan Korbrimob Polri yang semula berpangkat Irjen Pol menjadi Komjen Pol, kepangkatan jabatan Wakil Komandan Korbrimob Polri yang semula berpangkat Brigjen Pol menjadi Irjen Pol.

Lalu, pembentukan struktur Biro Perencanaan Administrasi dan Operasional (Rorenminops) berpangkat Brigjen Pol, dan pembentukan struktur Pasukan Brimob I (Pasbrimob I), Pasukan Brimob II (Pasbrimob II), dan Pasukan Brimob III (Pasbrimob) berpangkat Brigjen Pol.

“Tentunya diperlukan transformasi organisasi yang merupakan bagian dari transformasi menuju Polri yang Presisi dengan melakukan pengembangan dan penguatan organisasi Korbrimob, sebagai fungsi utama Kepolisian agar dapat menjawab berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, khususnya dalam penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi,” tutur Sigit.

Sigit juga menyebutkan, saat ini Korbrimob didukung dengan kekuatan personel sejumlah 45.108 orang terdiri dari 8.081 berdinas di Mako Korbrimob dan 37.027 orang di 34 Satbrimob, serta Pusdik Brimob. Menurutnya, jumlah personil ini akan terus meningkat secara bertahap sejalan dengan pengembangan struktur baru dengan total DSP 156.913 orang.

Mantan Kabareskrim Polri ini meminta pengembangan dan penguatan Korbrimob Polri harus diikuti dengan peningkatan kemampuan personel, sarana dan prasarana.

Sehingga Korbrimob Polri dapat semakin profesional, tangguh, proaktif dan responsif untuk menjangkau setiap titik potensi permasalahan dengan senantiasa memegang motto ‘Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil’.

“Kepada seluruh Keluarga Besar Korbrimob Polri untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan berpedoman kepada Tribrata sebagai pedoman hidup dan Catur Prasetya sebagai pedoman kerja,” ujarnya.

Selain itu, Sigit mengingatkan agar terus menjungjung tinggi kehormatan dan selalu menanamkan kebanggaan sebagai ‘Satuan Pamungkas’yang memiliki kekuatan besar, sehingga dapat mendukung terwujudnya visi Indonesia Emas 2045.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.