Kodiklat AD Bakti Sosial Sekaligus Sosialisasi Latancab 2019

BATURAJA, koranindonesia. Id –  Komando Pendidikan Dan Latihan Tempur Angkatan Darat (Kodiklat AD) menggelar kegiatan Adventure dan Bakti sosial kepada Masyarakat disekitaran wilayah Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, di titik tinjau Puslatpur Baturaja, Sabtu (13/7).

Kegiatan ini digelar dalam rangka sosialisasi Latihan tempur antar kecabangan (Latancab) yang akan digelar dalam waktu dekat. “Hari ini kita melaksanakan Bakti Sosial kepada masyarakat Batumarta dimana di daerah ini bagian dari tempat tanggung jawab latihan puslatpur dibawah Kodiklat,” Kata Dankodiklat AD Letjen TNI AM Putranto, dibincangi awak media usai kegiatan Bhakti sosial.

Dikatakan Jendral Bintang Tiga dipundaknya ini, kegiatan Latancab ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,untuk itu pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berada diseputaran area latihan. “Kita juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa luas lahan yang kita miliki seluas 43 ribu hektar,” sebutnya.

Kami juga lanjutnya, telah melakukan pembenahan, sedangkan untuk medan yang digunakan untuk kawasan PTBA dan PT KAI tidak akan digunakan lagi untuk latihan, sehingga sektor untuk latihan dialihkan ke area kanan.

Hal ini menurutnya pertama untuk faktor keamanan, kedua agar produksi yang dilakukan oleh kedua PT tersebut tetap berjalan, “karena kalau produksi itu berenti saja satu atau dua jam akan merugikan negara,” ujarnya.

Daerah latihan ini kata Dankodiklat menjadi daerah latihan modern dan saat ini sudah 80 persen sudah jadi, tinggal pembenahan beberapa fasilitas akomodasi prajurit. “Jadi para prajurit latihannya fresh, karena tempat latihannya bagus dan akomodasinya juga bagus, jadi pada saat latihan akan lebih profesional,” imbuhnya.

Ditambahkan Dankodiklat format latihan tahun ini merupakan manuver brigade, latihan konvensional, “tapi latihan non konvensional juga bisa diaplikasikan disini,” timpalnya.

Pada kesempatan itu juga Dankodiklat berpesan kepada masyarakat bahwa masyarakat boleh mengerjakan beberapa lahan yang kosong di kawasan Puslatpur namun hanya untuk sementara waktu, “bukan untuk permanen untuk mereka miliki, jadi mereka sudah paham bahwa suatu saat lahan itu akan digunakan untuk kepentingan latihan,” tukasnya.

Dalam kegiatan Bhakti sosial ini Kodiklat membagikan 400 bingkisan sembako kepada masyarakat di kawasan Puslatpur, kegiatan ini disambut antusias oleh warga sehingga dalam waktu sekejap ratusan bingkisan itu ludes dibagikan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Adventure Off Road bersama Komunitas jeep 4×4 Baturaja dipimpin langsung Dankodiklat, ruten yang ditempuh yakni dari titik tinjau  Baturaja dan finis di Mako Puslatpur Martapura OKU Timur. (tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.