Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

KLB Partai Demokrat. Ironi, Pejabat Negara Merebut Parpol

JAKARTA, koranindonesia.id – Peneliti Utama Lembaga Survei Indonesia, Saiful Mujani, ikut menyoroti Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021) malam lalu. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun resmi dilengserkan dari jabatan Ketua Umum Partai berlambang mercy dalam KLB Partai Demokrat tersebut. Posisi AHY digantikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko.

Menurut Saiful Mujani, kudeta atau pengambilalihan Partai Demokrat oleh orang di luar partai adalah kejadian yang pertama kali di Indonesia. Ia menilai peristiwa ini adalah kemunduran demokrasi. Sebab, pejabat negara seharusnya melindungi semua partai di era demokrasi seperti sekarang ini.

“Zaman Orba saja yang otoriter pengambilalihan kekuasaan lewat KLB oleh kader partai sendiri. kasus PDI misalnya. di era demokrasi sekarang, demokrat justru diambil alih oleh pejabat negara yang mestinya melindungi semua partai. ironi luar biasa,” ungkap Mujani melalui akun pribadi twitternya @saiful_mujani, dikutip Sabtu (6/3/2021).

“Demokrasi dunia sekarang memang sedang mundur (backsliding). menurut studi terakhir Haghar dan Kufman (2021) penyebabnya adalah tindakan-tindakan politik oleh pejabat yang justeru hasil demokrasi sendiri. kita mungkin masuk di sini,” imbuhnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.