Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

TAHUKAH anda kalau minyak zaitun atau biasa dikenal dengan nama olive oil memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita? Penggunaan minyak zaitun sudah ada sejak zaman dulu. Semakin lama minyak zaitun semakin popular terutama untuk kecantikan. Selain mengandung anti oksidan yang tinggi ternyata kandungan yang terdapat pada minyak zaitun adalah mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi, omega 6, omega 3, vitamin E, vitamin K, polifenol, vitamin C, potassium, dan zat besi juga. Wajar saja kalau minyak zaitun mulai digemari oleh beberapa kalangan yang sudah tahu kandungannya dan manfaatnya. Saat ini sangat mudah sekali menemukan minyak zaitun ya. Disetiap supermarket kita akan dengan mudahnya menemukan minyak zaitun dengan berbagai merk.

Nah, kali ini kita kan bahas beberapa manfaat dari minyak zaitun bagi kesehatan tubuh kita.

1. Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol loh dear. Seperti yang kita tahu kalau kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke loh. Dengan mengonsumsi minyak zaitun satu sendok saja sehari setelah makan sudah mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita ya. Karena minyak zaitun mengandung anti oksidan yang tinggi. Pastikan minyak zaitun yang kita konsumsi adalah minyak zaitun yang murni.

2. Kabar baik lagi bagi yang sedang menjalani diet, kalau minyak zaitun mampu menurunkan berat badan. Jadi tidak ada salahnya mulai menggunakan minyak zaitun di masakan anda atau mencampurkan beberapa sendok minyak zaitun di salad kesukaan anda ya.

3. Hello sehat menjelaskan kalau sebuah tim periset asal Universitat Auronoma de Barcelona, Spanyol telah menemukan manfaat lain dari minyak zaitun adalah mampu melindungi tubuh dari sel kanker. Hal itu dibuktikan dari hasil temuan yang mereka lakukan menguji coba terhadap sel kultur sel kanker payudara yang diteteskan minyak zaitun dan terlihat kalau minyak zaitun mengurangi aktivitas sel kanker tipe p21Ras, mencegah kerusakan DNA serta mempercepat kematian sel tumor.

4. Tahukah kalian kalau sinar matahari bisa membuat rambut kita rusak. Mulai dari kering, bercabang, dan rontok. Ternyata dengan mengoleskan minyak zaitun mampu membuat rambut kita lembab, lembut, kuat, dan berkilau. Sering-sering oleskan minyak zaitun pada rambut beberapa saat sebelum rambut kita dicuci.

5. Karena minyak zaitun mengandung omega 3, omega 6, dan asam lemak tak jenuh tunggal wajar saja kalau minyak zaitun dinobatkan sebagai salah satu yang mampu menjaga kesehatan fungsi otak. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, tetapi minyak zaitun sangat baik untuk pertumbuhan sel saraf anak-anak.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari minyak zaitun, tidak ada salahnya minyak zaitun dipakai untuk kebiasaan kita demi tubuh yang sehat ya dear. (tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.