Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Ketua DPRD Sumsel  ke Polres OKI Monitoring Pergub 37/2020

Peningkatan Pergub ke Perda

Palembang,koranindonesia.id – Untuk maksimalkan Peningkatan Pergub menjadi Perda tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru, Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengunjungi Polres OKI, Rabu (30/9). Kedatangan ketua DPRD Sumsel perempuan pertama tersebut, disambut langsung Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi.

“Alhamdulillah kalau di OKI berjalan sudah ada juga sidang yustisi, masyarakat juga mentaati, bahkan kita menindaklanjuti Pergub 37 ada peraturan Bupati Nomor 34,” ujar Alamsyah.

Dikatakannya, Perbup tersebut kendalanya tidak ada sanksi sehingga mereka mengeluarkan maklumat Kapolres yang memberi sanksi denda minimal Rp25 ribu bagi masyarakat yang tidak bermasker.

“Sanksinya berjenjang tergantung pelanggarnya, bisa denda ataupun sanksi sosial. Nah, Untuk memperkuat ini pihak Pemkab OKI bersama DPRD juga akan meningkatkannya menjadi Perda, agar bisa maksimal penerapan protokol kesehatannya beserta sanksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati menegaskan saat ini pihaknya untuk meningkatkan kedisiplinan dan penegakan hukum dalam menjalankan protokol kesehatan (Protokes) menyiapkan peraturan daerah.

“Pergub ini ditingkatkan jadi Perda agar bisa maksimal penerapannya melibatkan TNI/Polri, tidak hanya Pol PP,” tuturnya.

Anita menyebut sudah berkoordinasi dengan Forkomfinda dan ini menjadi inisiatif DPRD dan ditargetkan selesai awal November nanti.

“Karena ini dibutuhkan mendesak maka cepat dan kini sedang disiapkan naskah akademiknya. Perda ini juga nantinya bukan hanya untuk Covid saja, tapi bisa menjadi dasar penyakit menular lainnya. Juga menjadi dasar penerapan protokes menjelang Pilkada serentak karena kita tidak ingin menjadi cluster baru,” tukasnya. (Ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.