Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Ketua DPRD Minta Sengketa Pulau Kemaro Diselesaikan dengan Adil dan Setara

Palembang,koranindonesia.id–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel mendorong penyelesaian sengketa Pulau Kemaro dilakukan dengan elegan dan adil. Salah satu dengan duduk bersama para pihak.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD Sumsel Hj.RA. Anita Noeringhati  saat menerima  Audensi Aliansi Masyarakat Peduli Pulau Kemaro  Ruang Rapat Banggar,  Selasa (4/5)

“Dalam penyelesaian sengketa pulau Kemaro saya berharap diselesaikan dengan elegan dan adil,”katanya.

Dia juga mengingatkan kepada Aliansi untuk menelusuri kembali soal status tanah dan siapa pengelola tanah saat ini diberikan dan tujuan pengelolaan tanah tersebut.

Ia juga ingin bahwa pengelolaan pulau itu nanti bukan hanya di dominasi oleh kalangan tertentu.

Pengacara keluarga zuriyat Kiyai Merogan Dedek Chaniago mengatakan bahwa perjalanan kasus sengketa ini sudah lama.

“Legalitas kepemilikan Pulau Kemaro berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Nomor REG/3863K/PDT/1987 telah memenangkan dua kali gugatan, dari keluarga Zuriyat Kyai Merogan “katanya.

Juru bicara Aliansi Febri Alitani Plalembani menanggapi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang akan menjadikan pulau Kemaro
sebagai prioritas pengembangan destinasi wisata yang mengembalikan identitas keluhuran Sriwijaya sebagaimana berita yang tersebar dalam media massa lokal untuk menunda rencana itu karena masih ada sengketa.

Kami ingin pengelolaan pulau Kemaro dikembalikan sesuai dengan sejarah yang ada, yaitu bahwa pulau itu adalah bagian pertahanan kesultanan Palembang.

Dia menyebut pulau Kemaro adalah pulau sengketa, ya sengketa sejarah,sengketa tanah, dan sengketa kepemilikan.

Sebelumnya terkait perseteruan kepemilikan, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palembang memiliki sertifikat resmi sebagai pemilik lahan yang akan dibangun wisata air di Pulau Kemaro, tetapi ia juga enggan menyatakan klaim yang disampaikan keturunan Kyai Marogan tidak berdasar.

Pemerintah Kota Palembang akan melakukan penataan Pulau Kemaro seluas 25 Hektare. Sebab, sejumlah calon investor telah menyatakan minatnya untuk terlibat dalam pelaksanaan pembangunan.

Pulau Kemaro, merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Posisi Pulau Kemaro adalah agak ke timur dari pusat Kota Palembang.

Luas Pulau kemaro  ±79 Ha dengan ketinggian 5 m dpl. Posisi Pulau kemaro saat ini menjadi  destinasi wisata, di dalam ada Pagoda berlantai 9, Makam putri Sriwijaya, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha.
(Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.