Bhintan Shalawat

Ketua DPR Minta Hakim MK Terpilih Segera Diumumkan. Ini Daftarnya

JAKARTA, koranindonesia.id – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, akan meminta konfirmasi ke Komisi III terkait penundaan penetapan pengumuman hakim Mahkamah Konstitusi (MK), hingga setelah reses Maret.

“Nanti, saya cek kembali. Karena saya baru mendengar kabar kemarin malam. apa maksud dari pada penundaan itu, apakah karena waktu yang mepet?” kata Bamsoet, sapaan akrabnya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Politikus Partai Golkar ini menilai, sebenarnya, pada rapat paripurna DPR, Rabu (13/2/2019) lusa, pengumuman hasil seleksi hakim MK ini sudah bisa diumumkan. Karenanya, terlebih dahulu, dia akan mempertanyakan ke Komisi Hukum terkait alasan penundaan tersebut.

“Sebelumnya, saya sebagai pimpinan DPR mengharapkan besok di paripurna terakhir sudah bisa di tetapkan hakim MK yang baru. nanti akan saya komunikasikan,” imbuhnya.

Ia membantah, jika penundaan itu dianggap lantaran ada lobi-lobi politik.

“justru saya menghendaki ini tidak di ulur. Saya selaku pimpinan dan ketua DPR menghendaki hakim MK sudah bisa di tetapkan pada sidang paripurna terkahir,” tandasnya.

Sebelumnya politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pengumuman seleksi hakim MK pada 12 Maret 2019 setelah reses.

“Mengingat anggota DPR RI selesai masa reses pada 4 atau 5 Maret 2019, sehingga dinilai lebih leluasa dalam melakukan pengumuman siapa yang terpilih menjadi Hakim MK,” kata dia.

Trimedya menjelaskan, keputusan tersebut dibuat juga berdasarkan kesepakatan Komisi III untuk menunggu masa jabatan dua hakim MK periode 2014-2019 pada 21 Maret 2019 yakni Aswanto dan Wahiduddin Adams.
“Ada yang ngomong sudahlah ketua habis reses saja. Lihat tanggal, kemudian kita lihat mereka habisnya 21 Maret, ya masih memungkinkan,” ujar dia.

Menurut Trimedya, 11 calon hakim konstitusi yang telah mengikuti rangkaian uji kelayakan dan kepatutan masing-masing memiliki catatan. Komisi III DPR akan memilih dua orang untuk dua hakim MK yang habis masa jabatannya.

Daftar calon hakim konstitusi itu ialah Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriciada Azhari, Bahrul Ilmi Yakup, M Galang Asmara, Wahiduddin Adams, Refly Harun, Aswanto,Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta dan Sugianto.(Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.