Banner sumsel

Kesal, Warga Pecahkan Kaca Meja Ruang Tunggu Bupati Lahat

LAHAT,koranindonesia.Id – Diduga kesal lantaran permasalahan sengketa lahan belum kelar, meja ruang tunggu bupati pecah. Aksi tersebut, terjadi Kamis (8/11) dan sempat viral di Whats App dan media sosial. Bahkan dalam insiden tersebut. Pecahan kaca nyaris mengenai Asisten I Pemda Lahat, Ramsi.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan , Ahmad Hartawan, melalui Kasi Sengketa Pertanahan Very Rosyadi, mengatakan aksi itu ditenggarai  berawal adanya dugaan sengketa lahan warga Desa Arahan dan Gedung Agung dengan PT MHP.

Memang awalnya itu HGU PT MHP, tapi pada tahun 2016 batas definitif lahan HGU PT MHP mundur dan tidak lagi di lahan tersebut. Hanya saja tanaman mereka masih ada. “Pemda Lahat hanya memfasilitasi pertemuan keduanya, dan saat itu pihak PT MHP belum datang,” ungkap Very, Jumat (9/11/2018).

Sebelumnya kata dia, pada Agustus lalu sempat ada pertemuan di provinisi terkait masalah tersebut.

Ditambahkan Asisten 1 Pemda Lahat, Ramsi, pada Kamis (8/11/2018) beberapa warga mendatangi Pemda Lahat untuk menemui bupati dan Sekda. Namun Bupati dan sekda sedang tak berada ditempat. Diduga kesal, Ramli salah satu warga marah dan memecahkan kaca meja ruang tunggu.

“Permasalahan ini sudah kita fasilitasi dan sebelumnya juga sudah ada pertemuan di Palembang. Permasalahan ini pula sudah ditangani pihak provinisi dan pusat karena mereka yang punya wewenang terkait HGU,” ujar Ramsi.

Rencananya kata Ramsi pada Selasa  (13/11), akan digelar pertemuan terkait masalah sengketa lahan warga tersebut . “Kita surati PT MHP agar masalah ini bisa selesai,” ucapnya.

Dijelaskannya, untuk pelaku yang memecahkan kaca meja langsung diamankan pihak Satreskrim Polres Lahat, karena kebetulan  saat kejadian sedang ada rapat antara Polres Lahat dengan Pemda. “Saat kejadian langsung kita amankan. Pelaku tidak kita tahan namun proses tetap dilanjutkan,” ujar Kasat Reskrim Lahat AKP Satria Dwi Dharma, S.Ik. (sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.