Banner pemprov Sumsel

Kerja Bareng Sisir APK yang Masih Terpasang

SEKAYU, koranindonesia.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta beberapa OPD di Muba diantaranya Satpol-PP dan Kesbangpol Muba, Minggu (14/4/2019) menertibkan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) yang masih terpasang.

Sebab, terhitung mulai hari ini sudah mulai memasuki masa tenang jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, 17 April nanti.

“Sebelumnya sudah kami imbau kepada parpol peserta pemilu untuk menurunkan semua jenis APK dan BK. Jika tidak semua akan kami sapu bersih, dan kami juga didampingi oleh beberapa OPD Pemkab Muba serta Forkopimda Muba,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Muba Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Antar Lembaga, Husni Mubarok, Minggu (14/4).

Dikatakan Husni, penurunan APK dan BK mulai dilakukan sejak tadi malam sekitar pukul 00.01WIB oleh panwascam. Pagi ini tim gabungan yang dikomandoi Bawaslu Kabupaten dibantu personel dari Polres Muba, Kodim 0401/Muba, Satpol PP, Kesbangpol, dan Dishub, akan menyisir semua APK dan BK yang berada di Kota Sekayu.

“Target kita hari ini semua APK dan BK ditertibkan, sebab saat ini sudah masuk masa tenang 14-16 April 2019. Selama masa tenang Pemilu 2019, seluruh wilayah harus bersih dari atribut kampanye Calon Presiden, Calon Anggota Legislatif, maupun Partai Politik,” terangnya

Dilanjutkannya, penertiban dan penurunan APK dan BK ini serentak dilakukan seluruh jajaran Bawaslu mulai tingkat Kabupaten, Panwaslucam, Panwasdes hingga Pengawas TPS diintruksikan wajib turun bersama membersihkan APK dan BK. Targetnya penurunan APK dan BK rampung satu hari ini juga.

“Penertiban APK dan BK ini dilakukan sesuai peraturan Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang pemilu, yang salah satu isinya pembersihan atribut kampanye saat masa tenang,” tukasnya.

Sementara itu, kegiatan penertiban APK ini juga tampak dilakukan di tingkat Kecamatan, seperti misalnya di Kecamatan Sungai Keruh yang juga bersama-sama Forkopimcam menertibkan APK dan BK yang masih terpasang di masa tenang.

“Kami di Sungai Keruh juga melakukan hal yang sama menertibkan APK dan BK Pemilu 2019,” ungkap Camat Sungai Keruh, M Imron SSos MSi.

Dikatakannya, APK dan BK yang ditertibkan diserahkan ke pihak Bawaslu Muba. “Jadi, hasil APK dan BK yang kita tertibkan diserahkan ke Bawaslu,” pungkasnya.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.