Banner Pemprov 2020
3M Muba

Keren..!! Ini Cara Anies Baswedan Cegah Covid-19 di Lokasi Pengungsian

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim punya cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 di lokasi pengungsian kalau Jakarta diterjang banjir pada musim penghujan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku, sekarang Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan tenda khusus bagi pasien Covid-19 yang terpaksa mengungsi karena kediamannya diterjang banjir.

“Anda lihat ini, tenda yang warna oranye itu, kalau boleh nanti mampir. Itu adalah contoh yang akan digunakan untuk pengungsian bila ada pengungsi yang terpapar Covid-19. Maka disiapkan tenda khusus,” kata Anies saat ditemui di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Tidak seperti tenda pada umumnya, kata Anies tempat pengungsian khusus pasien corona ini bersekat-sekat di dalamnya. Sehingga satu pasien menempati satu ruangan sendiri. Selain menghindari penularan, penyekatan itu untuk menjaga privasi masing-masing pasien.

“Di dalamnya ada bilik-bilik agar mereka punya ruang privat,” ucapnya.

Selain itu, proses evakuasi korban banjir dilakukan dengan cara berbeda. Anies menyebut Pemprov DKI sudah menyiapkan sejumlah perahu karet. Di mana perahu-perahu itu sudah diberi tanda. Tanda itu untuk membedakan perahu yang digunakan untuk penyelamatan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri dengan warga yang masih negatif corona. Dengan begitu warga yang masih sehat tidak akan berbaur dengan yang sudah terpapar Covid-19.

“Perahu yang disiapkan di sini sudah diberi tanda. Perahu untuk mereka yang sedang mengalami isolasi mandiri, mereka yang terpapar, dibedakan dengan perahu untuk masyarakat yang tidak terpapar,” ujarnya.

Proses evakuasi dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan, salah satunya meminimalisir kerumunan demi mengurangi potensi penyebaran Covod-19.

“Berikan contoh kepada saudara sebangsa bahwa di Ibu Kota kita melakukan ikhtiar penyelamatan dengan memperhatikan seluruh protokol kesehatan,” pungkasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.