Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Kemlu Sepakati Perjanjian Kerja Sama dengan Imigrasi

Jakarta,koranindonesia.id-Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM tentang notifikasi dalam penanganan orang asing.

Perjanjian itu melengkapi sebelumnya dalam rangka sinkronisasi data dan lalu lintas imigrasi.

Sejalan dengan meningkatnya permasalahan dan kompleksitas kasus-kasus pidana umum dan perdata, khususnya yang melibatkan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia, telah menjadi kebutuhan untuk menguatkan koordinasi.

“Kami mengapresiasi kerja sama yang baik selama ini, khususnya dalam penanganan orang asing selama pandemi Covid-19,” kata  Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Andy Rachmianto melalui keterangannya, Kamis (1/10/2020).

Dengan adanya PKS ini akan memudahkan Kemlu untuk memantau pergerakan warga negara asing di Indonesia. Kemlu juga memiliki mekanisme pembuatan database bagi orang asing yang masuk ke Indonesia dan keluar-masuk Indonesia pada masa Covid-19.

Di masa pandemi Covid-19, sampai September 2020, Kemlu telah memantau WNA yang melakukan kontak erat sebanyak 634 orang, terkonfirmasi 477 orang, WNA yang kembali ke negaranya 329 orang, yang sembuh 321 orang dan yang meninggal 12 orang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.