Banner sumsel

Kementrian PUPR Tetapkan Tarif Tol Terpanjang di Indonesia

JAKARTA, koranindonesia.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif tol terpanjang di Indonesia, yakni ruas Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar (Tol Bakter) sepanjang 140,94 km. Ruas Tol Bakter ini menjadi yang terpanjang mengalahkan Cikampek-Palimanan sepanjang 116,75 km.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, tarif ini diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 305/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

“Kami sudah menetapkan tarif, dari badan usaha sudah mengoperasikan, tapi belum menarifkan kepada masyarakat sebagai bagian sosialisasi kepada pengguna jalan,” ungkap Danang di kantornya, di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dijelaskannya, meski sudah ditetapkan, namun belum berlaku di masyarakat. Pemerintah menyerahkan penerapan tarif ke badan usaha untuk penerapannya. Lantaran, wilayah tersebut belum punya pengalaman mengoperasikan jalan tol.

“Pengalaman dari Sumatra Selatan, di mana memang Sumatera belum ada pengalaman mereka memanfaatkan jalan tol, sehingga kita meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi lebih lama,” tandasnya.

(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.