Kementrian BUMN : Harga Avtur di Indonesia Sangat Kompetitif

JAKARTA, koranindonesia.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah anggapan, monopoli harga avtur oleh PT Pertamina (Persero) karena harga avtur di Indonesia saat ini tidak kompetitif.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno kepada wartawan. Dikatakannya harga avtur di Indonesia saat ini justru sudah sangat kompetitif dan telah diturunkan terus sejak November lalu. “Jadi harga avtur sangat kompetitif dan pernyataan monopoli tersebut tidak benar,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut avtur telah dimonopoli oleh PT Pertamina (Persero) utamanya untuk Bandara Soekarno-Hatta dengan hitungan lebih tinggi 30% dibanding negara lain. Anggapan tersebut pun dibantah oleh Fajar, menurutnya khusus harga avtur di Indonesia sudah tergolong dalam peringkat tiga besar paling kompetitif se-Asia Tenggara.  “Kita hanya nomor tiga di Asia Tenggara,” terangnya

Sementara, saat ditanyai lebih lanjut soal rencana Presiden Jokowi memanggil Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk menanyakan dugaan monopoli avtur ini, Fajar enggan berkomentar dan memilih diam. “Saya tidak tahu dan tidak bisa menjawab, apalagi hubungannya sampai ke soal penumpang pesawat,” pungkasnya

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi mengimbau agar harga avtur dikontrol dan disesuaikan dengan rata-rata harga internasional. Permasalahannya, kata Jokowi, saat ini di Indonesia hanya ada pemain tunggal yakni Pertamina. Menurutnya, jika PT Pertamina tidak dapat menekan harga avtur, maka pemerintah harus membuka masuknya pemain baru dalam bisnis avtur tersebut.

Jokowi meyakini, bila terdapat lebih dari satu pemain, maka kompetisi di pasar akan dengan sendirinya menekan harga yang dibanderol di pasaran. Sebab, kehadiran pelaku pasar lain dianggap dapat memaksa satu sama lain untuk mampu melakukan efisiensi guna menciptakan harga yang relatif lebih murah.

Hal ini menurut Jokowi merupakan solusi yang dapat ditempuh untuk mencegah berlarutnya dampak dari mahalnya harga avtur pada tiket pesawat. “Pengaruhnya ke harga tiket pesawat, karena harga avtur itu menyangkut 40% dari cost yang ada di tiket pesawat,” tandasnya.

(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.