Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Kemenristek Raih Penghargaan Penerapan Sistem Merit dari KASN

Jakarta,koranindonesia.id-Awal 2021 Kemenristek/BRIN mendapatkan kado manis dengan meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN 2020 dengan predikat “Sangat Baik”.

Kemenristek/BRIN menempati peringkat  ke-7 dari 14 Instansi Pemerintah yang memperoleh predikat Sangat Baik tahun 2020 dengan nilai 335,5.

Berdasarkan UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN, Sistem Merit sendiri adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, penilaian diberikan kepada 184 instansi pemerintah baik di pusat dan daerah sejak 2018 hingga akhir 2020. Penilaian Sistem Merit menggambarkan kondisi nyata pengelolaan sumber daya manusia (SDM) atau ASN berkualitas yang dimiliki instansi pemerintah pusat dan daerah.

Sejak 2019 hingga akhir 2020, KASN telah menilai penerapan sistem merit terhadap instansi pemerintah di pusat dan daerah.

“Dari 184 instansi pemerintah tersebut, 57 diantaranya tercatat mendapatkan kategori ‘Baik’ dan 24 instansi memperoleh kategori ‘Sangat Baik’,” ungkap Agus, seperti dikutip dalam rilis Kemenristek/BRIN di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Dikatakan, pengelolaan manajemen SDM ASN berdasarkan sistem merit akan mengurangi intervensi politik dalam pengisian jabatan.

“ASN akan terlindungi karirnya dari politisasi dan kebijakan yang bertentangan dengan sistem merit, seperti nepotisme dan primodialisme,” ujarnya.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri PANRB Tjahyo Kumolo didampingi Ketua KASN Agus Pramusinto dalam acara bertajuk “Anugerah Meritokrasi” yang dihadiri secara virtual Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta (28/1). Penghargaan diterima oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristek/BRIN Ari Hendrarto Saleh.

Penghargaan ini tentu sangat membanggakan dan disambut dengan penuh rasa syukur mengingat dalam setahun terakhir ini Kemenristek/BRIN dalam masa penataan ulang sumber daya manusia dan organisasi dari Kemenristekdikti menjadi menjadi Kemenriste/BRIN, pun sampai saat ini masih terus bergulat dengan perubahan-perubahan. Dan di tengah tantangan tersebut, Biro Sumber Daya Manusia tetap konsisten menerapkan merit sistem dalam manajemen ASN.

“Alhamdulillah Kemenristek/BRIN mendapatkan penghargaan Meritokarasi dari KASN dengan predikat Sangat Baik. Penghargaan ini sangat kami syukuri, hal ini adalah wujud dari apresiasi penerapan merit sistem dalam manajemen ASN di Kemenristek/BRIN dan juga merupakan kerja keras dan konsisten tidak saja dari rekan-rekan di Biro SDM tetapi juga rekan-rekan pada seluruh unit kerja di Kemenristek/BRIN dalam menjalankan pelayanan yang baik dan telah bekerja dengan dedikasi tinggi dan selalu menjaga profesionalitas,” ungkap Ari.

Dengan raihan penghargaan penerapan sistem merit ini, diharapkan pada waktu mendatang Kemenristek/BRIN dapat melakukan seleksi internal pegawainya dalam mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama-nya dengan tetap berkoordinasi dengan KASN.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.