Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Kemenkes Minta Seluruh Pemda Contoh DKI Jakarta Dalam Vaksinasi Lansia

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Reni Rondonuwu meminta pemerintah daerah (Pemda) mencontoh Pemprov DKI Jakarta dalam program vaksinasi Lansia. Sebab, DKI telah all out menjangkau Lansia hingga ke titik terdekat dengan tempat tinggal para Lansia.

“Saya kira daerah perlu mencontoh DKI Jakarta, yang mana camat maupun lurah ikut terlibat untuk memobilisasi lansia,” ucap Maxi dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Dia mengatakan, upaya membangun kepercayaan masyarakat agar terlindungi dari penularan Covid-19 harusnya turut menjadi perhatian pemerintah. Sebab, ada kecenderungan anak-anak para Lansia itu khawatir mengikutsertakan orang tua mereka untuk divaksin karena takut akan keamanan dan efektivitas vaksin.

“Di DKI sudah datang door to door ke apartemen. Tetapi ketika datang hanya 25 persen saja yang mau. Kebanyakan diproteksi oleh anak-anaknya,” katanya.

Nah, kata dia, ketakutan-ketakutan yang menghantui anak-anak para Lansia itu yang perlu diatasi. Salah satunya dengan memperkuat sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya para Lansia dan anggota keluarganya.

“Oleh karenanya ketakutan yang muncul itu sepertinya kita perlu untuk terus melakukan sosialisasi,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Maxi Rein Rondonuwu juga mulai meragukan komitmen Pemda-pemda menyukseskan program vaksinasi terhadap Lansia. Sebab, hingga akhir Maret, cakupan vaksinasi di Indonesia masih sangat minim. Salah satunya karena akses untuk menjangkau para Lansia yang masih jauh dari domisili para Lansia. Termasuk juga masalah-masalah ikutan di sekitar kehidupan para Lansia.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.