Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Kemenkes Kampanye CTPS Selama Oktober 2020

Jakarta,koranindonesia.id-Kementerian Kesehatan menginisiasi tiga gelombang kampanye untuk melawan Coronavirus Disease (Covid-19). Mulai dari kampanye nasional pemakaian masker pada Agustus, diikuti oleh kampanye Jaga Jarak pada September lalu.

Kemudian kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Oktober. Kampanye nasional CTPS selama Oktober, bertepatan dengan Hari CTPS Sedunia sebagai momentum kampanye dan advokasi di seluruh dunia setiap 15 Oktober.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik CTPS demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

“Saya juga meminta untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kami juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas CTPS,” kata Menteri Terawan Kamis (15/10/2020).

Selain itu, Menteri Terawan juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye CTPS di daerahnya masing-masing. Juga diminta untuk menyediakan sarana CTPS di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

“Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya. Semua pihak yang berwenang mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye CTPS secara berkelanjutan,” kata Menteri Terawan.

Pada Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020, Kemitraan Swasta dan pemerintah mengajak semua pemangku kepentingan untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun; bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan untuk perilaku CTPS.

Selain itu memastikan bahwa promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan dan menyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.