Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Kemenkes Jalankan Skema Penuhi Target Vaksinasi bagi Nakes

Jakarta,koranindonesia.id-Berdasarkan data Satuan Tugas COVID-19 per tanggal 1 Februari 2021, sejak vaksinasi COVID-19 pertama kali dilakukan, telah ada 574.938 ribu Tenaga Kesehatan (Nakes) yang mendapatkan vaksinasi.

Angka yang dicapai dalam dua pekan tersebut dianggap telah sesuai dengan perencanaan. Ke depannya, pemerintah menargetkan vaksinasi untuk 1,5 juta Nakes akan selesai pada akhir Februari 2021.

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan Kemenkes telah memiliki skema rencana agar target tersebut bisa terpenuhi yaitu untuk vaksinasi ini ada dua hal yang dilakukan.

“Baik di puskesmas maupun rumah sakit (RS) dari Senin-Jumat bahkan Sabtu-Minggu ada yang melakukan pelayanan vaksinasi,” kata Nadia saat Dialog bertema Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 yang digelar Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Selasa (2/2/2021).

Kedua, lanjut Nadia, Kemenkes membuka pos-pos vaksinasi massal yang sudah dimulai di Yogyakarta, DKI Jakarta, Surabaya, dan rencananya akan dibuka di beberapa daerah yang tren vaksinasinya perlu dipercepat.

Nadia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk program vaksinasi massal. Koordinasi mengenai alur vaksinasi massal, terutama untuk betul-betul menjaga protokol kesehatan di pos vaksinasi.

“Tentunya kita mempersiapkan juga sisi logistik untuk menjaga kemungkinan adanya penambahan sasaran vaksinasi, keperluan alat pelindung diri (APD), tempat pembuangan limbah, dan SDM yang memerlukan kurang lebih 25 vaksinator bagi 1000 orang,” kata Nadia.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.