Banner pemprov Sumsel

Kemenhub Berlakukan Safety Riding Kepada Pengemudi Angkutan Jalan

JAKARTA, koranindonesia.id-Untuk meningkatkan keselamatan di jalan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan sertifikasi keselamatan berkendara (safety riding) kepada para pengemudi angkutan jalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sertifikat tersebut berkaitan dengan kemampuan keselamatan. pengetahuan tentang keselamatan. Itu dengan badan tertentu yang akan mengurusnya.

“Saya menilai sertifikasi keselamatan berkendara (safety riding) kepada para pengemudi angkutan jalan sangat penting,” ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (31/03/2019).

Sementara direktur Jenderal Hubungan Darat Budi Setiadi mengatakan, sertifikasi ini akan diatur khusus oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini dinilai penting, karena menjadi bukti bahwa pengemudi memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik.

“Kewajiban sertifikasi ini hanya akan diterapkan kepada perusahaan angkutan, baik angkutan umum untuk penumpang maupun barang,” jelasnya.

Budi menerangkan Kemenhub akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan, untuk memperluas penerapan, sehingga nanti minimal pengemudi akan di tes kembali, nantinya akan diatur oleh BNSP

Ditambahkannya dalam pertemuan dengan para pengemudi yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Hebat, Menteri Budi juga memberikan pengarahan safety riding. Ia juga memberikan langsung kepada sejumlah pengemudi.

“Saya minta semua pengemudi mengemudi dengan baik. Kalau mengemudi dengan baik, keselamatan bisa dijamin. Tadi itu jadi contoh supaya kita bisa melaksanakan dengan baik,” terangnya Budi dalam sambutannya.

Budi pun mengapresi profesi pengemudi yang telah berjasa untuk kehidupan masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat terlayani dengan menggunakan transportasi angkutan umum dan lain-lain.

“Banyak sekali jasa-jasa pengemudi untuk rakyat. Siapa yang bisa ke pasar atau kantor tanpa pengemudi. Bahkan kita gak bisa makan nasi kalau gak ada pengemudi,” tandasnya. (erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.