Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Kemendikbud Harapkan Sekolah Penggerak Jadi Katalis Sekolah Lain

JAKARTA, koranindonesia.id – Sekolah-sekolah yang ditetapkan dalam program Sekolah Penggerak yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2021 diharapkan bisa menjadi katalis bagi pengembangan satuan pendidikan di sekitarnya.

“Diharapkan dalam tiga tahun ini ada satu atau dua level yang dicapai di atas baseline dan menjadi katalis pengembangan bagi sekolah lain,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Jumeri saat diskusi virtual yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan program Sekolah Penggerak tergabung dengan ekosistem yang ada sehingga ke depan diharapkan semua satuan pendidikan di Tanah Air menjadi sekolah penggerak.

Jumeri memastikan program Sekolah Penggerak bukan untuk melahirkan sekolah unggulan. Artinya, yang akan masuk atau mendaftar di sekolah itu bukan hanya anak didik yang unggul namun semua lapisan memiliki kesempatan yang sama.

Pada prosesnya, Kemendikbud tidak melakukan transformasi dengan memberikan bantuan dalam jumlah besar kepada satuan pendidikan.

“Ini tidak berbasis uang tapi berbasis pengembangan sumber daya manusia,” katanya dilansir antara.

Sebab, pada pelaksanaannya Kemendikbud akan mengubah proses pembelajaran, kepemimpinan, manajerial di satuan pendidikan.

Terkait intervensi penguatan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan mulai dari peningkatan kualitas kepala sekolah, guru-guru, pengawas, pemilik serta pembelajaran dengan paradigma baru.

“Kita mengenalkan pembelajaran yang baru dan bisa mengangkat prestasi anak termasuk karakter dan kompetensinya,” ujar dia.

Secara umum, Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang terdiri dari dua hal yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila dan diawali dengan SDM yang unggul terutama kepala sekolah dan guru.

(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.