Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Kemendikbud Asah Jiwa Kepemimpinan dalam Organisasi Kepemimpinan Jenjang SMP

Jakarta,koranindonesia.id-Kepemimpinan merupakan modal strategis yang harus dimiliki oleh manusia, karena pada hakikatnya manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan umat di manapun ia berada. Hanya saja untuk menjadi pemimpin bukanlah sesuatu yang diperoleh secara instan, perlu proses dan kaderisasi yang baik dan terarah melalui pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Menyadari pentingnya kepemimpinan pada tingkat sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Paudasmen), menyelenggarakan kegiatan Organisasi Kepemimpinan Tingkat SMP.

Dilansir dari kemendikbud.go.id, Direktur Jenderal Paudasmen, Kemendikbud, Jumeri mengatakan sebagai modal strategis yang harus dimiliki, butuh proses yang panjang bagi seorang manusia untuk menjadi pemimpin yang ideal. Sebab, menyikapi perkembangan zaman, pemimpin saat ini berperan membawa bangsanya keluar dari krisis dan unggul dalam persaingan global.

Menurut Jumeri, seseorang yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) mempunyai dua tugas besar. Selain sebagai peserta didik yang bertanggung jawab untuk mencetak prestasi, ia juga harus mampu mengurus organisasi di sekolah, berkomunikasi dengan efektif, serta mengelola kegiatan dan mengorganisir teman-temannya.

“Kepada Bapak/Ibu guru saya sampaikan, beri kesempatan anak-anak kita berkiprah. Beri mereka kepercayaan untuk mengelola kegiatan, agar lebih terasah kecakapan mereka dalam berkomunikasi,” ucap Jumeri ketika membuka kegiatan Organisasi Kepemimpinan Tingkat SMP melalui teleconferensi di Jakarta, Senin (14/9/2020).(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.