Banner Pemprov 17 Agustus

Kemendagri Dukung Penuh KPU dalam Persiapan Pilkada Serentak 2020

JAKARTA,koranindonesia.id– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Kemendagri memberikan dukungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2020, termasuk pada tahap penyusunan  Rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pilkada 2020.
Hal itu disampaikan Mendagri kepada wartawan usai upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Rabu (10/07/2019). Sebelumnya, wartawan menanyakan dukungan pemerintah terhadap KPU dalam penyelenggaraan Pilkada 2020.
“Ini kan sedang dalam tahap pembahasan antara KPU dengan DPR untuk menyusun PKPU (Pilkada 2020), kita jangka pendek itu,” ungkapnya kepada wartawan, di Monas, Jakarta, Rabu (10/07/2019).
Saat wartawan ditanya soal data pemilih pada Pilkada 2020, Mendagri menjelaskan tidak ada masalah dalam data pemilih. Tidak ada masalah, secara prinisip (data pemilih) yang digunakan oleh KPU sama dengan Kemendagri.
Terkait mengenai izin kepala daerah untuk kunjungan ke luar negeri, Mendagri menjelaskan secara prinsip Kemendagri selalu memberikan izin kepada setiap gubernur, bupati, walikota atau anggota DPRD asalkan dalam rangka memenuhi undangan atau dalam rangka studi banding ke luar negeri.
“Mendagri tidak pernah melarang kepala daerah berpergian ke luar negeri, tapi syaratnya harus memenuhi undangan atau rangka dinas, kalau hanya untuk jalan-jalan, ya gak mungkin dibikinin,” tandasnya. (erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.