Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Kemenag Sebut Ada 13 Jamaah Terkonfirmasi Positif di Arab Saudi

Jakarta,koranindonesia.id-Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), Arfi Hatim, menyampaikan bahwa terdapat 13 jamaah umrah yang positif. Adapun mereka diketahui positif setelah tiba di Arab Saudi.

Saat ini Indonesia telah mengirimkan para jamaah dalam 3 kloter pemberangkatan. Pertama pada 1 November dengan 224 jamaah, lalu 3 November 89 jamaah, dan 8 November 46 jamaah.

Dari situ, untuk yang gelombang pertama diketahui ada 8 jamaah yang positif, lalu gelombang dua ada 5 terkonfirmasi positif. Sedangkan gelombang tiga masih belum diketahui.

“Betul ada jamaah kita yang terkonfirmasi positif saat melakukan swab test di Mekkah, itu gelombang pertama pada 1 November dari 2 swab, ada 8 jamaah yang positif, gelombang kedua ada 5 orang yang positif, ketiga sampai saat ini tidak ada, keseluruhan ada 13 orang yang positif,” ungkapnya dalam siaran YouTube BNPB Indonesia, Rabu (11/11/2020).

Dia memastikan, itu merupakan tanggung jawab dari pemerintah Arab Saudi. Sebab, mereka dikonfirmasi terinfeksi virus ketika di sana. Untuk saat ini, mereka pun tengah menjalankan proses isolasi.

“Sudah dilakukan proses isolasi dan sambil menunggu waktu nanti akan dilakukan swab test pas pulang juga, ini sudah ditangani, perhatian terhadap konsumsi itu sudah menjadi perhatian dari pihak Kementerian Kesehatan Saudi,” ucapnya.

Untuk itu, dia sangat mengharapkan kepatuhan para calon jamaah haji untuk menerapkan protokol kesehatan di sana dengan ketat. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi kasus positif dari jamaah Indonesia.

“Inilah kemudian yang menjadi titik-titik yang perlu kita harus itu bahwa kita berharap jamaah yang berangkat ke sana itu sehat dan pulangnya juga sehat,” pungkasnya.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.