Banner sumsel

Kembangkan Bakat Talenta Muda Sumsel, Gubernur Gelar Sepakbola U-20

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) bakal menggelar pertandingan sepakbola bertajuk Piala Gubernur Sumsel Remaja Usia 20 (U-20) 2019. Even ini bertujuan mengembangkan bakat para pesepakbola muda di Bumi Sriwijaya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, pertandingan ini juga sebagai perwujudan Instruksi Presiden Nomor 3 /2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Sumsel menjadi provinsi pertama yang merealisasikannya. “Kami komitmen dan konsisten terhadap perkembangan sepakbola. Kita tampung dan bina bakat anak-anak kita,” ungkap Deru, Rabu (27/2/2019).

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menjelaskan, Piala Gubernur ini akan digelar di seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Hanya kick-off nya saja yang dipilih dilakukan di Kabupaten Muaraenim pada 31 Maret 2019, karena fasilitas sepakbolanya sudah memadai, serta memberikan kesemarakan tersendiri kalau dilakukan di kabupaten ketimbang digelar di Kota Palembang.

“Kalau Palembang kan sudah biasa, kalau dilakukan di kabupaten itu kemeriahannya akan lebih terasa. Selain itu, mengajak kabupaten/kota dengan animo masyarakat yang sangat tinggi ini, untuk rutin menggelar kejuaraan bukan saja sepakbola tetapi cabang olahraga lainnya juga,” ujarnya.

Deru berharap dengan adanya Piala Gubernur ini nanti, tidak lagi menjadikan olahraga, khususnya sepakbola di Sumsel sebagai ajang politik. Karena dengan ajang ini dirinya ingin betul-betul untuk pembinaan olahraga usia dini.

“Selain itu saya berharap juga jangan sampai niat baik ini tercoreng keinginan satu klub untuk menang secara tidak sehat. Jangan sampai ada pengaturan skor, apabila terbukti akan diambil tindakan tegas sampai mencabut kompetisinya,” bebernya.

Deru menambahakan, dengan adanya event ini diharapkan akan mempermudah pemerintah dalam mencari pemain yang akan diikutkan dalam Pekan Olahraga Nasional dan ajang lainnya. “Diharapkan di kabupaten/kota yang main itu adalah orang-orang kabupaten/kota, bukan kompetisi klub yang sewa pemain luar jadi diharapkan betul-betul orang Sumsel,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Piala Gubernur Sumsel U-20 2019 Hendri Zainuddin menjelaskan, setiap kabupaten/kota nantinya akan berlaga sebanyak 32 tim, juaranya akan berlaga di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) pada November mendatang.

“Jadi para juara dari kabupaten/kota nantinya, akan bertanding lagi di Palembang untuk menentukan yang terbaik. Pelaksanaan ini juga diback up langsung masing-masing Dispora dan PSSI yang ada di kabupaten/kota,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pendaftaran Piala Gubernur Sumsel U-20 ini, tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Sementara untuk pendaftarannya sendiri akan dilakukan di Kantor Dispora kabupaten/kota. “Yang jelas pendaftarannya gratis dan setiap pemenang 1,2,3 dan 4 akan dapat medali, piala, serta uang pembinaan,” pungkasnya.

(ram)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.