Banner sumsel

Kejari Lahat Tekan Pelanggaran Hukum Sejak Dini

LAHAT, koranindonesia.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Lahat terus berupaya menekan angka pelanggaran hukum serta pencegahan sedini mungkin. Diantara langkah yang dilakukan dengan mendatangi sejumlah sekolah untuk memberi pemahaman hukum dengan harapan akan terbentuk jiwa pelajar sadar hukum sehingga pelanggaran hukum terus menurun.

Kajari Lahat Jaka Suparna melalui Kasi Intel Kejari Lahat Bani Imanuel Ginting menjelaskan, sasaran utama program tersebut yakni di Sekolah Menegah Atas (SMA), hal tersebut dilakukan guna pentingnya siswa mengetahui hukum.

“Kami juga mengajak pelajar agar tidak hanya penindakan saja, tetapi melakukan pencegahan, dan pelajar juga berguna untuk negara,” ujarnya, Jumat (19/4/2019).

Program ini juga digelar nantinya untuk menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus. Dan para pelajar memang seharusnya mendapat ilmu hukum sejak dini.

“Program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar khususnya pelajar SMA,” paparnya.

Lebih lanjut Bani menjelaskan, di samping fungsi penegakan hukum, Kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. “Program JMS ini merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, yang harus diterapkan secara intensif,” tegasnya.
(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.