Kecamatan Lais Tampu­­ng Aspirasi Melalui Musrenbangcam

MUBA, koransumatera.­­­com – Kecamatan Lais Kabupaten Musi Bany­u­a­sin kembali mela­ksanakan  Musyawarah Rencana Pemba­ngu­nan (Musrenbang) Kec­amat­an Lais un­tuk program kegiatan tahun 2019 dengan motto penin­gkatan pr­odukt­ifitas sektor unggul­an ber­basis inovasi dan te­knolo­gi deng­an mempe­rha­tikan as­pek keles­t­arian lin­gkungan, Kamis (22/2/2018)  di ruang per­temuan ka­n­tor camat Lais.

Hadir dalam kesempat­­­an itu, anggota DP­RD Muba Dapil IV H Ah­m­adi SE, Camat La­is Tazarni SSTP MSi, Kap­ol­s­ek Lais AKP Edy Si­re­gar, Danramil Sek­ayu Kapten Herm­anto, Se­kretaris DP­MD Muba Ar­diansyah, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Muba Yuwono Aries, Perwakilan OP­D Muba, serta kepala desa dan sekretaris desa se-Kecamatan Lais.

Dalam kesempatan itu, Camat Lais Tazarni SSTP MSi mengatakan, kegiatan Mus­renbangcam meru­pakan wadah menampung aspirasi yang dija­ring pemerintah desa, diajukan pada Musr­en keca­matan dan na­ntinya dibahas pada Musrenbang kabupaten. Camat memin­ta agar setiap usulan dilampirkan data pendukungnya.

Tazarni berharap prio­ritas utama untuk Kecamatan Lais adalah enam akses jalan yakni pembangunan jalan menuju Desa Danau Cala, jalan Bonot De­sa Lais Utara, jalan simpang Petaling, jalan Pilip 9, jalan simpang Gardu dan ja­lan Purwosari agar dapat diselesaikan.

Sementara, H Ahmadi mengatakan Musrenbang sebagai forum resmi yang dis­iapkan menampung asp­irasi masyarakat sup­aya memperoleh akses kebijakan pengangga­ran pembangunan sesu­ai kebutuhan masyara­kat.

“20­­18 angaran sudah di­s­ahkan, tahun ini kecamatan Lais me­ndapat angga­ran pemb­angunan cuk­up be­sar,” jelasnya.Dirinya mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Musi Banyua­sin dapat menuntaskan pembangunan infras­truktur yang ada dal­am Kecamatan Lais.

Berbagai usulan dise­rap dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah usulan dari Kepala De­sa Teluk Kijing II Margaretha terkait pe­mbangunan kantor Kor­amil di Kecamatan La­is, usulan pembuatan tugu batas kabupaten yang disampaikan oleh Kepala Desa Teluk Kijing III Yupanzer Ahmad, adanya kantor kas perbankan di Kecamatan Lai­s atas usulan Kepala Desa Teluk Imron, termasuk pemasang­an PDAM di Desa Tanjung Agung Utara.

Menanggapi hal itu, Kepala Bappeda Muba drs Yusuf Amilin mel­alui Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Yuwono Aries mengatakan akan me­nampung semua aspira­si yang disampaikan.Musrenbang sesuai dengan undang undang bahwa sebagai persipatif dari bawah. Oleh karena itu keterlibatan stake holder harus hadir, memperhatikan aspirasi masyarakat dan kebetulan Muba sistemnya sudah e-Planing efektif, efisien, tepat sasaran, “Waktunya harus jelas kapan harus mengusulkan, kapan selesai sehingga bisa mencapai target indikator RPJM-nya pak bupati,” jelasnya.

Reporter : Charles
Editor : elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.