Kades Karang Dapo Didemo Warga, Ternyata Ini Penyebabnya

BATURAJA,koranindonesia.Id-Ratusan massa dari Desa Karang Dapo Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendatangi Kantor Pemkab OKU, Jumat (22/2/2019). Massa mengadukan Kepala Desa (Kades) mereka karena dinilai kurang memperhatikan keperluan warga dalam merealisasikan pembangunan yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD).

Selain itu, warga juga mengadukan kebijakan Kades yang tidak melibatkan warga pada setiap kegiatan pengambilan kebijakan untuk kepentingan desa.

Susi Hartini salah satu warga Karang Dapo menyebutkan banyak  pembagunan yang tidak sesuai kebutuhan warga misalkan pembangunan lapangan futsal.

“Kami tidak perlu itu, kami membutuhkan gedung PAUD atau TK itu yang kami perlukan ” ucap Susi Hartini.

Tidak hanya itu, mereka juga menduga adanya penyimpangan dana desa, sebab pembangunan di desa mereka sangat tidak merata.Lebih dari itu kata Susi, warga juga tidak banyak dilibatkan untuk pengambilan keputusan demi kepentingan bersama.

“Musyawarah kami tidak pernah diajak, apalagi diperhatikan,”katanya.

Mereka sendiri menuntut Kades untuk mengundurkan diri dan meminta Bupati OKU untuk memanggil dan memeriksa dugaan korupsi yang dilakukan kades tersebut. “Kami minta kades dicopot dan mengusut KKN yang dilakukan Kades dan perangkat,”teriak warga.

Kedatangan warga di Pemkab, diterima Asisten I Setda OKU Zandi Soleh, dihadapan massa Zandi menyebutkan pihaknya telah mendalami aduan dari masyarakat dan saat ini kades tengah dilakukan

pemanggilan.

Dikatakan Zandi,  Bupati OKU tidak akan tebang pilih jika ada kades yang melangar aturan. Namun untuk membuktikannya butuh proses dan pemeriksaan.

“Tentu harus ada pemeriksaan tidak bisa semena-mena, tapi yakinlah jika terbukti salah akan kita proses,”ucap Zandi.(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.