Banner sumsel

Kabut Asap, Udara Palembang Tidak Sehat

PALEMBANG, koranindonesia.id – Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) keadaan cuaca di Kota Palembang terutama di pagi hari berasap dengan jarak pandang (Visibility) 1 Km – 2 Km. Bahkan berdasarkan pantauan alat konsentrasi udara, udara Palembang dinyatakan tidak sehat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Nandang mengatakan, kondisi cuaca 7 Oktober di pagi hari berasap (Smokes) dengan posisi nilai ambang batas konsentrasi PM 10 Stalkim Palembang berada di level 50-150 mikron/gram.

Ia menjelaskan level sedang 51-150 mikron/gram dan level tidak sehat 151-250 mikron/gram. Level sangat tidak sehat 251-350 mikron/gram. Level berbahaya lebih dari >350 mikron/gram.

“Maka himbauan kepada masyarakat dengan adanya informasi data PM10 Staklim Palembang, masyarat diminta menggunakan masker saat berpergian atau beraktifitas di luar rumah atau diluar kantor,” jelasnya.

Nandang mengatakan, untuk saat ini dari pengamatan terakhir kondisi asap paling tebal terjadi pada 5 Oktober lalu yang berada di level tidak sehat 151 – 250 mikron/gram. “Dalam tiga hari terakhir NAB Konsetrasi PM10 yg tercatat pada rata-raya level tidak sehat dan terjadi pada malam hingga pagi hari,” jelasnya.

Secara klimatologis Data HTH (Hari Tanpa Hujan) yang telah dibuat pada 10 hari terakhir ini Kota Palembang dan kabupaten sekitarnya belum mendapatkan curah hujan yang cukup.

Prakiraan curah hujan di bulan September Dasarian 3, kurang dari 50 milimeter (mm) yang artinya sangat berpotensi kekeringan terjadi di hutan dan lahan. Namun demikian sejauh ini Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumsel telah berusaha semaksimal mungkin untuk Sumsel zero asap.

Dengan kondisi cuaca tersebut, masyarakat untuk menjaga kesehatan pernafasan dan menghindari efek lainnya dari udara yang tidak sehat tersebut. Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan apalagi membakar lahan semaunya yang bisa menyebabkan Karhutla. (Iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.