Jokowi Sebut Hasil Kerja Pembagian Konsesi Lahan, Beri Hak Rakyat Atas Tanah

JAKARTA, koranindonesia.id – Capres nomor urut 01 Jokowi mengatakan, hasil kinerja pembagian konsesi lahan untuk memberikan hak rakyat atas tanah dan mendorong akses permodalan ke perbankan.

Diakui Jokowi dalam dua tahun ini, pemerintah telah membagikan konsesi-konsesi lahan lewat perhutanan sosial, baik untuk masyarakat adat, hak ulayat, petani, nelayan.

Dikatakannya, dalam dua tahun terakhir ini, konsesi lahan yang diberikan kepada masyarakat telah mencapai 2,6 juta hektare dari 12,7 juta hektare yang ditargetkan dalam masa pemerintahannya.

Ditambahkan Jokowi, selain memberikan hak atas tanah, pihaknya juga melakukan pendampingan kepada warga agar tanah itu menjadi produktif dengan ditanami tanaman pertanian seperti kopi dan jagung.

“Kita juga mendampingi mereka agar tanah-tanah yang sudah kita berikan ini jadi produktif,” ungkapnya dalam Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi menuturkan pada 2017, telah membagikan lima juta sertifikat tanah untuk rakyat dan sekitar tujuh juta sertifikat tanah, pada 2018 agar rakyat memiliki hak hukum atas tanah yang mereka miliki. Dipaparkannya dengan sertifikat ini mereka bisa gunakan untuk agunan permodalan ke bank.

“Pembagian sertifikat tanah itu merupakan bagian dari reforma agraria, dan mendorong segera tercapainya target perhutanan sosial sebanyak 12,7 juta hektare,” tandasnya.
(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.