Banner Pemprov 17 Agustus

Jokowi Ingin Pelayanan Publik Dilakukan dengan Konsep Dilan

JAKARTA, koranindonesia.id – Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, terpenting dalam pelayanan pemerintahan adalah efektitas, sehingga tidak membuat masyarakat kerepotan. Karenanya, ia ingin pemerintah bisa merespons kebutuhan masyarakat dengan cepat.

Jokowi mengatakan, intinya bahwa penggunaan pelayanan berbasis elektronik adalah kecepatan. Karena ke depan bukan negara besar yang menguasai negara kecil, bukan negara kuat kuasai yang lemah. Tapi negara cepat menguasai negara lambat. Dikatakannya negara kita harus cepat merespon kebutuhan yang ada.

“Itu bisa dilakukan kalau e-government, e-budget terkoneksi dari pusat, ke provinsi, hingga kabupaten/kota. Ini yang kita persiapkan,” ungkapnya dalam Debat Keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019), malam.

Jokowi menambahkan, kecepatan pelayanan pemerintahan tentu dapat membantu masyarakat. Dia menyinggung soal Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang bisa diakses masyarakat tanpa harus datang ke kantor pajak.

Dijelaskan Jokowi dengan kecepatan itu pemerintah cepat melayani, respons perubahan yang ada. Seperti contoh perpajakan yang secara online, menyampaikan pajak lewat SPT, dari rumah juga bisa

“Makanya, saya ingin pelayanan publik dilakukan dengan konsep ‘Dilan’ alias digital melayani. Untuk itu diperlukan penyederhanaan,” tandasnya.
(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.