Banner pemprov juni

Jika Pandemi Semakin Terkendali, Fahira Yakin Indonesia Bisa Bangkit dan Pulih

JAKARTA, koranindonesia.id – Dibanding banyak negara di dunia, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia di tengah ancaman varian Omicron masih terkendali dengan baik. Namun tentunya, situasi pandemi global yang masih sangat dinamis ini sangat mempengaruhi Indonesia. Oleh karena itu, upaya pengendalian pandemi harus semakin dikuatkan sehingga kita terhindar dari ancaman gelombang baru.

Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan bahwa jika pada 2022 situasi pandemi bisa dipertahankan semakin baik dan jumlah kasus bisa terus ditekan, maka Indonesia akan menjadi salah satu negara yang paling aman dan cepat pulih terutama dari sisi ekonomi.

Situasi pandemi yang sudah membaik selama beberapa bulan belakangan ini sudah memperlihatkan banyak indikator ekonomi yang semakin menggeliat baik dan berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Jika situasi pandemi yang terkendali ini bisa terus dipertahankan sepanjang 2022 maka Indonesia akan menjadi satu dari sedikit negara yang ekonomi cepat pulih.

“Jika situasi pandemi semakin terkendali, di tahun 2022 Indonesia bisa segera bangkit dan pulih. Namun memang tantangannya tidak mudah, terlebih saat ini varian Omicron penyebarannya sudah ada di 110 negara di dunia termasuk di Indonesia. Ditambah libur panjang akhir tahun yang biasanya berpotensi meningkatkan jumlah kasus. Namun, tantangan ini bisa sama-sama kita hadapi jika kita semua konsisten patuhi protokol kesehatan dan pemerintah konsisten lakukan upaya testing, lacak dan isolasi serta perluasan cakupan vaksinasi. Selain itu, surveilans terutama untuk kedatangan dari luar negeri juga harus mendapat perhatian ekstra,” ujar Fahira Idris lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (1/1/2022).

Menurut Fahira, bulan-bulan pertama 2022 menjadi masa yang krusial untuk situasi pandemi di Indonesia. Jika di awal-awal 2022, situasi pandemi semakin baik karena kita mampu mencegah terjadinya transmisi lokal varian Omicron dan mencegah terjadinya lonjakan kasus akibat dampak dari liburan akhir tahun, maka kemungkinan besar sepanjang 2022 Indonesia secara bertahap bisa keluar dari situasi krisis dan kembali menata kehidupannya terutama ekonomi.

“Insya Allah jika kita semua mengambil peran masing-masing bergerak bersama menjaga situasi pandemi yang sudah membaik ini, kita bisa keluar dari situasi krisis yang sudah hampir dua tahun membayangi kehidupan kita. Tetapi berhasil tidaknya kita keluar dari situasi pandemi ini tergantung kekuatan niat dan tindakan kita yang dengan penuh kesadaran untuk bersatu padu bergerak beriringan melawan pandemi ini,” tukas Fahira Idris.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.