Banner sumsel

Jembatan JM Diperbaiki, Damri Rute Sekayu-Palembang Segera di Launching

SEKAYU, koranindonesia.id – Jembatan Air Musi (JM) Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel) bakal diperbaiki, pengerjaannya akan mulai dilakukan pada 17-28 November 2018.

Direncanakan selama pengerjaan, jalan diatas Jembatan JM bakal ditutup, dikarenakan secara teknis demi menghasilkan mutu beton yang maksimal, jika open traffic (jalan dibuka) dikhawatirkan akan terjadi vibrasi pada beton maka hasilnya tidak maksimal.

Demikian disampaikan Kepala UPTD Kabupaten Muba PUPR Provinsi Sumsel, Tarmisi pada Rapat Rutin Forum LLAJ Kabupaten Muba, di Ruang Rapat Randik, Kamis (1/11/2018).

“Secara teknis kita mengaharapkan hasil mutu beton yang maksimal, makanya perlu ditutup total, butuh waktu 10 hari dengan metode pelaksanaan yaitu, pembongkaran plat lantai jembatan yang lama, pemasangan perancah dan bekisting pada plat lantai kemudian pekerjaan perbaikan/penggantian baja tulangan pada plat lantai, pekerjaan grouting pada plat lantai jembatan dengan beton mutu tinggi dan dua hari terakhir pengujian hasil perbaikan,  kedepan juga akan dilakukan duplikasi jembatan JM, entah sebelah kiri ataupun sebelah kanan JM, ” paparnya.

(FOTO/HUMAS PEMKAB)

Sementara itu, Manager Usaha Damri Palembang, Bambang menyampaikan, Bus Damri akan segera di launcing (diluncurkan) sebanyak dua unit, melayani Rute Sekayu – Palembang dan Sanga Desa – Palembang. Diharapkan keberadaan Bus Damri dapat membantu transportasi masyarakat.

“Untuk wilayah Sumsel launching Bus Damri di Muba ini merupakan yang ketujuh. Kami sudah koordinasi dengan Dishub Kabupaten Muba, kemungkinan minggu depan Bus Damri akan di launching, permintaan awalnya sebanyak lima unit, namun kita lihat dahulu perkembangannya, baru nanti ditambah lagi, antusias masyarakat disini sangat kami harapkan, untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas kami,” jelasnya.

Menanggapi apa yang disampaikan, Sekda Muba Apriyadi mengatakan, terkait adanya perbaikan Jembatan Air Musi (JM) Sekayu, Pemkab Muba siap mendukung namun terkait rencana pihak teknisi pekerjaan akan menutup total jalan tentunya ia berharap hal itu jangan sampai terjadi, karena dikhawatirkan dapat menggangu aktivitas masyarakat dari seberang yang akan menuju ke arah Sekayu.

“Jalan di jembatan JM jangan sampai ditutup total, karena pastinya akan menggangu aktifitas masyarakat, gunakan teknologi yang lebih canggih atau cari alternatif lain misalkan saja berkerja di malam hari, sehingga jalan tutup di malam hari saja, atau untuk sementara dipasang jembatan deli, atau juga dibatasi kendaraan dengan tonase yang berat selama pengerjaan  tidak boleh melewati jalan tersebut kecuali mobil mini bus atau mobil-mobil kecil yang mengangkut sayur-sayuran,” sebutnya.

Kemudian, terkait akan segera di launcing Bus Damri rute Sekayu – Palembang dan Sanga Desa – Palembang, pihak Pemkab Muba menurutnya, menyambut baik.

“Tentunya juga masyarakat di kota Sekayu akan antusias menyambut ini, karena akan sangat membantu di bidang transportasi ini, kedepan kami harapkan juga Bus Damri diluncurkan juga untuk wilayah rute Betung-Sungai Lilin dan Tungkal Jaya,” pungkas Sekda.

(ded/rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.