Banner sumsel

Jemaah Haji yang Terpisah di Masjidil Haram  Ini Titik Kumpulnya

Makkah ,koranindonesia.id— Jelang masuknya jemaah haji Indonesia ke Kota Makkah pada 15 Juli 2019 mendatang, petugas sektor khusus masjidil haram menggelar geladi posko. “Keberadaan sektor khusus di Masjidil Haram ini untuk mengantisipasi jemaah pisah rombongan usai  melaksanakan umrah wajib yang biasanya mereka lakukan di awal kedatangan ke Makkah,” ungkap Kabid Perlindungan Jemaah PPIH Arab Saudi Jaetul Muchlis, Kamis (11/07/2019).

 

Jaetul mengungkapkan, bagi jemaah haji Indonesia yang baru pertama kali datang ke Masjidil Haram dan terpisah rombongan, tidak perlu panik. Anda cukup mengarah ke enam titik yang ada dalam dan luar Masjidil Haram untuk bertemu dengan petugas haji Indonesia.

 

“Kepada jemaah haji Indonesia yang terpisah rombongan ketika di Masjidil Haram, jangan panik. Berjalan saja menuju titik-titik di mana telah kami sediakan petugas haji Indonesia untuk  bersiap membantu. Titiknya ada di dalam dan luar Masjidil Haram,” ungkap Jaetul Mukhlis seperti dikutip kemenag.go.id

 

Jaetul yang ditemui saat memimpin Geladi Posko di Masjidil Haram mengungkapkan tim sektor khusus yang disiapkan berjumlah 37 personel, berasal dari unsur perlindungan jemaah (linjam) yang merupakan personel TNI Polri, unsur bimbingan ibadah, serta tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH).

 

Ada dua titik pengawasan yang berada di dalam Masjidil Haram. Titik pertama, berada di area dekat Hijr Ismail. “Bisa juga patokannya tulisan besar berwarna coklat bertulis ‘Baabul Umrah’. Petugas akan ditempatkan di sini. Ini kita sebut sebagai Pos 5,” terang Jaetul.

 

Titik kedua, berada pada pintu menuju tempat sai atau yang dikenal dengan Masaa. Ini menjadi Pos 2 Sektor Khusus Haram.  “Usai melaksanakan tawaf, jemaah kita biasanya akan mengarah ke pintu ini untuk kemudian melaksanakan sai. Bila bingung akan mengarah ke mana, temui mereka yang berseragam petugas haji Indonesia di titik ini, dan mereka akan segera membantu,” pesannya.(sms)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.