Banner sumsel

Jelang UNBK, Ribuan Pelajar SMA Ikuti TO Akbar

PALEMBANG,koranindonesia.id – Sepekan sebelum Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ribuan pelajar kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Try Out (TO) Akbar di PSCC, Senin (2/4).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo mengatakan, jumlah peserta yang  mengikuti TO ini mencapai 8234 pelajar jenjang SMA se-Sumsel. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan mental para peserta dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

“Kita ingin mengubah paradigma anak yang menganggap ujian nasional sebagai momok yang menakutkan,” katanya.

Sementara mengenai teknisi soal TO tersebut dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan juga ada gabungan dari guru terbaik di Sumsel. “Soal TO menyerupai soal UN. Sehingga para siswa sudah siap menghadapi UN nanti,” jelasnya.

Senada, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sumsel Nasrul Bani menuturkan, ada satu paket naskah soal dengan jumlah 120 butir pertanyaan, durasi 2 jam pelajaran. Untuk mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.

“TO ini berlangsung selama 1 hari saja. Kita ingin meningkatkan kepercayaan siswa saja, bahwa UN bukanlah hal yang menyeramkan,” tutur Nasrul yang juga sebagai Kepala SMAN 1 Palembang.

Ia menjelaskan, dalam pembuatan soal TO, pihaknya bekerjasama dengan Ganesha Operation (GO) dengan tingkat soal mudah, sedang, dan sulit. “Kualitas dan orientasi soalnya kita mengarah ke UN,” jelasnya lagi. “Kita berkomitmen dan mengharapkan  nilai TO siswa kita rata-rata 72 itukan target kita,” tutupnya. (Sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.