Jelang PEDA KTNA XIII Sumsel, Pemkab Muba Optimalkan Persiapan

SEKAYU, koranindonesia.id – Persiapan Pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) 2019, dipusatkan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 24 – 28 Juni 2019 mendatang. Tahap penyiapan administrasi dan lahan oleh Pemkab Muba serta penyiapan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel oleh Pemkab Muba melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP)  Provinsi Sumsel telah dilakukan.

Dan hari ini, Senin (29/4/2019) bertempat di Ruang Rapat Wisma Atlet Sekayu, Pemkab Muba melalui DTPHP Kabupaten Muba mengoptimalkan persiapan, dengan menggelar Rapat Teknis Persiapan Peda KTNA ke XIII Sumsel, yang dihadiri oleh seluruh Perwakilan KTNA 17 Kabupaten/kota se Provinsi Sumsel.

Mewakili Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir H Yusman Sriyanto MT memimpin langsung rapat teknis tersebut. Dalam sambutannya ia meyakini, pelaksanaan Peda KTNA di Muba akan berjalan sukses. “Sesuai dengan arahan Bapak Bupati jauh-jauh hari, kami sudah melakukan persiapan, mulai dari pembentukan panitia sampai persiapan lainnya,” jelasnya.

Ia juga meminta, agar semua pihak yang terkait dapat bekerja sama, guna suksesnya pelaksanaan Peda KTNA tersebut. “Saya berharap, kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat saling bahu membahu demi kelancaran acara Peda KTNA nanti,” terangnya.

(FOTO/HUMAS PEMKAB)

Rapat yang turut dihadiri Kepala DTPHP Provinsi Sumsel, Ir Taufik Gunawan mengatakan, pada pelaksanaan Peda KTNA kali ini, Pemkab Muba sebagai tuan rumah diminta untuk fokus mempersiapkan hal tersebut, baik kesiapan anggaran maupun lokasi acara. “Kepada Pemkab/Pemkot agar dapat menyiapkan tim masing-masing yang akan dikirim untuk mengikuti Peda KTNA ini seperti persiapan mengikuti perlombaan. Kemudian perlu diingat untuk rangkaian pembukaan agar dihadiri semua peserta Peda KTNA XIII. Kesuksesan acara ini adalah tanggung jawab kita bersama, terlepas Muba sebagai tuan rumah, jika pada saatnya ditemukan ada kendala sedikit, mari kita coba atasi bersama,” pungkasnya.

Menurut Ketua KTNA Muba yang sekaligus sebagai Ketua DPRD Muba Abusari Burhan, untuk menyukseskan acara tersebut, DPRD telah menganggarkan dana sebesar Rp8,7 milar untuk kepentingan pelaksanaan Peda KTNA. “Kami berharap Muba bisa menjadi tuan rumah yang terbaik se-Indonesia, karena pada prinsipnya kita siap bahu membahu menyukseskan KTNA di Muba, selain itu diminta setiap utusan Kabupaten/Kota agar membawa bibit tanaman dan ikan unggulan daerah masing – masing, untuk ditanam di lahan yang telah disiapkan seluas 25 hektar serta kolam ikan,” ungkapnya.

Kepala DTPHP Kabupaten Muba, Ir A Thamrin turut menjelaskan, acara pembukaan Peda KTNA ke 13 ini akan digelar di Taman Toga, Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman.  Adapun jumlah peserta dari 17 Kabupaten/Kota diikuti sebanyak 2.734 orang, belum lagi tamu undangan serta seluruh Bupati/Wali Kota dan Ketua DPRD yang akan hadir bersama pada Peda KTNA nanti. “Homestay disiapkan untuk para peserta berlokasi di Kelurahan Balai Agung, Serasan Jaya, Kayuara dan Soak Baru, kemudian untuk tamu dan undangan vip penginapan dan hotel sudah juga kita siapkan berlokasi di Kota Sekayu,” jelas Thamrin.

(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.