Banner sumsel

Jelang Natal – Tahun Baru, Kemenhub Siapkan Regulasi Baru Terkait ASK

JAKARTA, koranindonesia.id – Menjelang akhir tahun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku, telah siap dengan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) beserta strategi lainnya, terkait kelancaran lalu lintas selama dua hari besar tersebut berjalan tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, persiapan Natal dan Tahun Baru, sama dengan angkutan lebaran. Tapi beda dengan miniaturnya. Baik dari sisi anggaran, juga SDM-nya, yang hanya sama adalah strateginya.

“Ada beberapa wilayah penyeberangan menjadi prioritas penyelenggaraan Angkutan Nataru ini. Daerah yang mayoritas mengalami lonjakan pada saat perayaan Nataru, akan ditingkatkan penanganannya. Seperti, Danau Toba, NTT, Manado, Nias, dan juga lokasi-lokasi wisata lainnya,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (24/11/2018).

Sementara itu, Kemenhub juga telah menyiapkan regulasi baru terkait Angkutan Sewa Khusus (ASK) atau yang lebih dikenal sebagai taksi online (taksol) merespons Putusan MA Nomor 15 P/HUM/2018, tertanggal 31 Mei 2018 yang beberapa pasal dalam PMA 108/2017 sudah dibatalkan.

Aturan yang baru ini dibuat akomodatif sekali. Sebagaimana arahan dari Menhub agar aturan ini jangan sampai digugat kembali.

“Jadi saya sudah akomodir semua pemikiran. Disitu ada aplikator, ada aliansi pengemudi, korlantas juga ada dan harapan Menhub juga, tidak usah menunggu batas waktu masa transisi 90 hari setelah putusan, beliau minta kalau bisa November – Desember, aturan baru tersebut sudah jalan,” terangnya

Dirjen Budi lebih lanjut juga membahas mengenai pagu anggaran Ditjen Hubdat di 2019. Menurutnya, pagu anggaran tersebut akan lebih dikonsentrasikan, untuk bidang keselamatan jalan seperti perlengkapan jalan, Zona Selamat Sekolah (ZOSS), dan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS).

“Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019 nanti,” tandasnya.

(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.