Banner sumsel

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Kemenhub Meminta Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang

JAKARTA, koraindonesia. Id--Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta seluruh jajaran unit pelaksana teknis (UPT) untuk melakukan persiapan penyelenggaraan angkutan laut dengan uji kelaiklautan kapal penumpang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo mengatakan, uji kelaiklautan akan dilakukan di 52 pelabuhan yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang, menjelang akhir tahun. Untuk itu, dirinya memerintahkan seluruh jajaran UPT untuk uji kelaiklautan kapal penumpang sesuai dengan wilayah kerjanya masing-masing.

“Pelaksanaan uji kelaiklautan ini, akan memakan waktu tepat sebulan, dimulai 5 Oktober hingga 5 November 2018. Selain itu, seluruh UPT diminta untuk melaporkan kesiapan sarana angkutan laut untuk kegiatan angkutan Natal dan Tahun Baru nanti,” katanya dalam keterangan pers, di Jakarta, Sabtu (20/10/2018)

Dijelaskan Agus pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang tertera dalam Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.008/84/3/DJPL-18 tentang Pemeriksaan Kelaikalutan Kapal Penumpang dalam rangka Angkutan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Dalam laporan uji kelaiklautan kapal penumpang yang disampaikan harus berisi nomor registrasi kapal, nama penanggungjawab inspektur kelautan, tanggal pengujian, serta catatan pemeriksaan,” terangnya.

Agus memaparkan, jika dalam pemeriksaan ditemukan ketidaksesuaian yang bersifat signifikan, maka operator kapal akan diberi waktu hingga 20 Desember 2018 untuk memenuhi ketidaksesuaian yang dimaksud.

“Apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan ketidaksesuaian tersebut belum dipenuhi, maka kapal dilarang beroperasi sampai rekomendasi perbaikan dipenuhi,” tegasnya.

Pihak Kemenhub, menurutnya, akan memberi sanksi pada para Kepala Kantor UPT yang tidak melaksanakan instruksi ini sesuai ketentuan yang berlaku. Sanksi itu dilakukan agar masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi laut dengan aman, selamat, dan tertib.

“Pemeriksaan kelaiklautan kapal penumpang menjadi salah satu prioritas Kemenhub dalam mempersiapkan penyelenggaraan angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tandasnya.

Dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut akan membuka Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mulai 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019. Dengan jumlah kesiapan armada sebesar 1.293 kapal dan kapasitas angkut 3.415.818 penumpang.(Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.