Banner Pemprov Standar

Jelang Hari H Pencoblosan, KPU Lahat Gelar Simulasi

LAHAT, koranindonesia.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Lahat, menggelar simulasi pencoblosan Pemilu Serentak 2019, hari ini Senin (14/4/2019). Ketua KPU Lahat Nana Priatna mengatakan, menyongsong hari pencoblosan Pemilu Serentak 2019, yang dilaksanakan pada Rabu (14/7) mendatang, pihaknya sudah mengerahkan seluruh kekuatan, untuk mensukseskan pemilu.

Mulai dari distribusi logistik, hingga pelatihan tata cara pencoblosan dan penghitungan surat suara kepada seluruh anggota KPPS. “Anggota KPPS juga sudah kita bekali materi, untuk membantu saat pencoblosan, hingga ke penghitungan surat suara nantinya,” ujar Nana, diselai simulasi pencoblosan dan penghitungan syang digelar di Lapangan Seganti Setungguan, Lahat, Sumatra Selatan (Sumsel), Senin (14/4).

Lebih lanjut dikatakan Nana, salah satu syarat agar dapat memilih, harus memiliki surat undangan C6. Hanya saja, C6 ini sifatnya pemberitahuan. Meskipun nanti saat pencoblosan masyarakat tidak mendapatkan C6, tetap bisa menyalurkan hak suaranya. Asalkan sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Cukup pakai KTP-el, atau suket. Jadi masyarakat kalaupun tidak mendapatkan C6,  jangan sia-siakan hak memilihnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang menuturkan, saat pencoblosan nanti anggota KPPS harus bisa menjalankan aturan yang tertera. Bantu masyarakat yang kesulitan saat memilih, seperti masyarakat lansia, serta yang tidak bisa baca tulis. Jangan sampai hak memilih masyarakat sampai hilang. “Kalau ada yang tidak mengerti, KPPS tolong diajari. Tapi harus netral, jangan sampai mengarahkan masyarakat, untuk memilih calonnya,” tutur Cik Ujang.

(sfr)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.