Bhintan Shalawat

Jawab Kritikan Jalan Rusak di OKU yang Viral, Pemerintah Siapkan Rp2,8 Triliun

PALEMBANG, koranindonesia.id – Sejumlah foto hasil jepretan Robby Ari Sanjaya mendadak viral di sejumlah media sosial. Sebab, foto tersebut menggambarkan kerusakan ruas jalan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel), namun dibalut dengan model serta konsep foto artistik yang unik.

Menanggapi hal itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku, kritikan yang dilayangkan tersebut sebagai ungkapan masyarakat untuk meminta jawaban dari pemerintah. “Ya itu (foto viral) sebuah kreativitas saja. Mereka ingin jawaban pemerintah atas kondisi jalannya, dan kita tidak bisa marah,” kata Deru, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, ada sejumlah kantong anggaran yang sudah disiapkan untuk mengatasi permasalahan jalan rusak di Sumsel tahun ini dengan total Rp2,8 triliun. Terdiri dari Rp1,3 triliun dari APBD Provinsi Sumsel, kemudian Rp1,5 triliun dari APBN melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN), dan Rp500 miliar bantuan dari pemerintah pusat untuk seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sumsel. “Perlu tahapan sebelum perbaikan dilakukan. Estimasinya paling lambat April, perbaikan jalan di Sumsel akan dilakukan secara serentak,” paparnya.

Hal ini, kata dia, harus menjadi pelajaran pemerintah kedepan, agar harus ada dana cadangan untuk pemeliharaan jalan. “Jadi harus ada pos anggaran yang jelas. Untuk jalan yang menjadi kewajiban provinsi tahun ini dipastikan mulus,” pungkasnya.

(ram)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.