Banner Pemprov 17 Agustus

Jauh-Jauh ke Solo, PKK Kabupaten PALI Berharap Bisa Kembangkan Batik Cap

SOLO, koranindonesia.id– Tim dari penggerak PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatra Selatan (Sumsel) mengadakan pelatihan membatik cap di Ndalem Gondosuli Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Sabtu (30/3/2019). Pelatihan membatik cap yang merupakan kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten PALI ini berlangsung selama 10 hari.

Pembina PKK Kabupaten PALI, Sri Kustina Heri Amalindo mengatakan, pelatihan yang diadakan ini diharapkan mampu mendongkrak produksi batik di Kabupaten PALI. Saat ini, Kabupaten PALI tengah fokus mengembangkan batik tulis. “Untuk batik capnya belum mendalam. Sehingga kami ingin mendalami batik cap di sini,” kata Kustina yang merupakan istri dari Bupati PALI, Heri Amalindo, tersebut.

Dikatakannya, dalam pelatihan itu diambil perwakilan dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten PALI. Mereka diajari cara pengecapan, membuat bahan cap batik hingga proses pewarnaan. Meski baru berjalan selama lima hari, namun Kustina mengaku terkesan dengan tenaga pelatih di lokasi tersebut.

“Tenaga pelatihnya baik, lingkungan pembuatan batiknya sudah lengkap. Kami berharap bisa memperbaiki proses batik di sana, baik untuk lebih mendapatkan produksi yang lebih baik lagi dengan tenaga-tenaga pengajar di sini. Karena batik di Solo memang sudah dikenal di mana-mana,” papar Kustina.

Usai dilaksanakan pelatihan itu, pihaknya berharap tim penggerak PKK bisa terjun ke masyarakat menularkan pengalaman mereka membatik cap di Kota Solo.

Peserta pelatihan dari PKK Kabupaten PALI yang mengikuti pelatihan membatik di Ndalem Gondosuli, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Sabtu (30/3). (FOTO/ALI)

Sementara itu, Pemilik Ndalem Gondosuli KRHT Heru Notodiningrat mengatakan, ada tiga tahapan pelatihan membatik yang diajarkan untuk peserta tim penggerak PKK Kabupaten PALI selama 10 hari ke depan. Tiga tahapan itu adalah proses pewarnaan, pengecapan, dan cara membuat warna cap.

“Baru hari kelima kemarin hasil karya mereka sudah sangat luar biasa. Mereka sangat cepat menerima pelatihan yang kita ajarkan. Karena tidak ada rahasia apapun yang kita tutupin. Semua kita ajarkan kepada mereka,” pungkasnya.
(ali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.