Banner sumsel

Jalur di Desa Jati Lahat Segera Dilintasi

LAHAT, koranindonesia.id – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 09 batas Kota Lahat simpang Air Dingin-Pagaralam batas Provinsi Bengkulu, Zulkarnain memastikan, Senin (4/2) jalur Lahat-Pagaralam yang putus, Sabtu (2/2) di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, bisa kembali dilintasi. Hingga berita ini dibuat pengerjaan perbaikan terus dilakukan.

“Kalau didukung cuaca (tidak hujan) kita targetkan besok seluruh badan jalan yang amblas sudah ditimbun dan dipasang box culvert (sejenis gorong gorong), sehingga seluruh badan jalan yang amblas bisa dilewati,” ujarnya ketika di wawancara di lokasi, Minggu (3/2/2019).

Tehnis pengerjaan, diterangkan Zulkarnain, selain pemasangan box culvert juga akan dilakukan penimbunan, dan semua sudah siap termasuk material yang akan dijadikan alat penimbun. Pihaknya sendiri ujarnya, akan bekerja hingga malam dengan menurunkan alat berat dan pekerja semaksimal mungkin.

“Mudah Mudahan besok kendaraan bertonase ringan sudh bisa lewat sedia kalah jika memang cuaca memungkinkan untuk kita kerja. Saat ini saja sudah kita buka jalur evakuasi sehingga mobil kecil sudah bisa melintas meski hanya satu jalur dan hatus,” tuturnya.

Ditambahkan Zulkarnain, saat dilakukan pengerjaan semi permanen terlebih dahulu. Untuk perbaikan total terutama sisi kiri dan kanan bahu jalan yakni tembok penahan akan butuh waktu setidaknya tiga.

“Sejauh ini tidak ada kendala berarti. Hanya saja kita imbau kepada warga untuk tidak terlalu dekat ke lokasi pengerjaan. Begitu juga kendaraan jika bisa dihindari terlebih dahulu melintasi di lokasi tersebut,” tambahnya.

Sementara itu terpisah Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengapresiasi perbaikan jalan yang hingga kini sudah bisa dilintasi meski sementara. Dikatakannya, pascakejadian Pemkab Langsung koordinasi kepada pihak terkait untuk melakukan perbaikan.

Pemkab sendiri juga akan berupaya maksimal membantu sehingga seluruh badan jalan yang amblas segera bisa dilintasi. Menurutnya, kenapa akses tersebut harus segera dibuka, lantaran merupakan jalur penghubung utama baik ke beberapa kecamatan dalam Kabupaten Lahat maupun Kota Pagaralam dan Provinsi Bengkulu.

“Jalur tersebut sangat penting baik bagi warga Lahat maupun warga Pagar Alam dan Bengkulu. Jakur tersebut digunakan untuk banyak hal aktifitas sehari hari, ekonomi seperti pengangkutan komodity maupun untuk anak anak sekolah yang kebetulan sekolah di Lahat. Makanya kita berupaya secepat mungkin dan alhamdulillah hari ini sudah bisa dilalui, “tuturnya.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel, Didi Epriadi berharap, perbaikan jalan lintas Lahat-Pagar Alam tepatnya di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat dilakukan secara komprehensif.

Menurutnya, jalan tersebut jalan utama yang menjadi andalan warga baik untuk aktifitas sehari hari maupun angkutan komoditi seperti sayur dan kopi.

Diakui Didi memang ada jalur alternatif seperti Via Gumay Ulu atau Lahat Selatan bagi warga Kecamatan Mulak Ulu, Mulak Sebingkai, Kota Agung. namun, ada beberapa Desa yang tidak memiliki akses jalur alternatif jika hendak menuju ke Kota Lahat.

“Ya jalur sementara tetap harus ada namun, perbaikan harus dilakukan secara total. Kami juga sudah hubungi pihak Balai Besar untuk segera melakukan perbaikan dan mereka sudah konfermasi segera melakukan perbaikan,”tegasnya.

Sementara, akibat jalan amblas tersebut lalu lintas sempat lumpuh total. Pengendara yang awalnya akan melewati jalur tersebut haru putar arah.
(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.